GP Formula 1 Singapura

FIA Lakukan Investigasi Terkait Marshall yang Masuk Lintasan

Rendy Renuki H    •    19 September 2016 15:29 WIB
f1 2016
FIA Lakukan Investigasi Terkait Marshall yang Masuk Lintasan
Marshall yang berada di lintasan GP Formula 1 Singapura (Mohd Rasfan / AFP)

Metrotvnews.com, Singapura: Federasi Otomotif Internasional (FIA) melakukan investigasi terkait Marshall (petugas di sekeliling sirkuit) yang masuk ke lintasan saat berlangsung Grand Prix Formula 1 Singapura, Minggu 18 September. Marshall tersebut dilaporkan sedang membersihkan puing mobil Nico Hulkenberg yang mengalami kecelakaan saat start dan ditinggalkan di tempat kejadian oleh Safety Car.

Mobil pembalap Force India itu menabrak dinding pembatas usai disenggol pembalap Toro Rosso, Carlos Sainz Junior selepas start. Membuat beberapa puing mobil Hulkenberg tercecer di dekat garis start dan memaksa para Marshall membersihkan lintasan.

Namun, salah seorang Marshall tampak masih berada di lintasan saat balapan kembali dilanjutkan, tepatnya saat lap ketiga. Beruntung, Marshall tersebut mampu menyelamatkan diri saat rombongan pembalap mendekat ke arahnya.

(Baca: Klasemen Pembalap Usai GP Singapura)

Kejadian itu membuat FIA menilai jika prosedur yang dikeluarkannya belum dijalankan dengan benar oleh panitia balap GP Singapura.
  "Prosedur FIA belum dijalankan dengan benar oleh tim yang bekerja di bawah perintah Panitia Balap," bunyi pernyataan FIA.

(Baca: Juara GP Singapura, Rosberg Kembali ke Puncak Klasemen)

Sementara, pemenang lomba, Nico Rosberg juga mengaku terkejut dengan kehadiran Marshall tersebut. Rosberg tepat berada di depan saat Marshall itu berlari ke pinggir lintasan.

"Itu cukup mengejutkan, tentu saja. Saya pikir, hanya karena kita tidak mengharapkan balapan diulang, ia tidak bekerja dengan baik. Entah bagaimana ia muncul secara tiba-tiba, tapi ia berhasil keluar dari jalan di waktu yang tepat," tutur Rosberg. (GP Update)

Video: Rosberg Tercepat di GP Singapura
 


(ACF)