Review F1 Meksiko

Ini Alasan Direktur Balap Tak Hukum Hamilton di F1 Meksiko

Ahmad Garuda    •    07 November 2016 11:48 WIB
f1 meksiko
Ini Alasan Direktur Balap Tak Hukum Hamilton di F1 Meksiko
Lewis Hamilton lolos hukuman meski potong jalur karena tak langgar regulasi. Red Bull

Metrotvnews.com, Meksiko: Ribuan pertanyaan masuk kepada manajemen balap Formula One (F1) ketika Max Verstappen memprotes stewards (pengawas balap) dan direktur balap, tak terjadi kepada Lewis Hamilton. Padahal keduanya melakukan kesalahan yang sama, yaitu mengerem terlalu dekat ke tikungan dan akhirnya ban terkunci dan harus memotong jalur.

Hal ini tidak diungkapkan secara terang-terangan oleh direktur balap F1 Meksiko yaitu Charie Whiting, untuk menjaga tidak menjadi polemik baru. Pasalnya regulasinya memang sudah jelas dan keputusan direktur balap semuanya didasarkan pada regulasi tersebut.

Analis balap F1 dari BBC yaitu Allan McNish menegaskan bahwa ada beberapa alasan mengapa Hamilton tak dijatuhi hukuman karena memotong jalur di tikungan pertama.

"Saat Hamilton melakukan itu (memotong jalur) di lap pertama, ada beberapa alasan yang terdeteksi oleh stewards dan direktur balap. Alasan pertama adalah karena itu adalah di lap pertama dan tidak ada lagi celah bermanuver yang bisa Ia manfaatkan. Jelas posisinya ada di urutan terdepan dan tak sedang bertarung dengan siapa pun untuk meraih hasil terbaik. Saat Ia masuk ke trek pun tak meraih hasil yang lebih baik atau lebih buruk," papar McNish dikutip dari BBC.

McNish melanjutkan bahwa di moementum tersebut, pembalap memang dituntut berpikiran cepat. Hamilton dinilai berpikiran cepat dan tepat guna. Yaitu menghindari insiden kecelakaan dengan cara mengalah, meski sebelumnya melakukan pengereman yang sangat dekat ke tikungan.

"Toh saat ban terkunci, juga punya risiko sangat besar karena ada flat yang spot saat aspal menggerus kompon ban. Belum lagi risiko kerusakan bagian suspensi, dan itu benar-benar dialami Hamilton saat masuk kembali ke trek."

Berbeda dengan kasus Verstappen di lap terakhir saat Ia bertahan dari gempuran Sebastian Vettel dan melakukan pengereman yang lebih dekat ke tikungan. Kondisi ini membuatnya kehilangan momentum dan akhirnya memotong jalur. Tak ingin posisinya diambil alih Vettel, Ia pun masuk ke trek tepat di depan pembalap asal Jerman itu.

Potong jalur ini dikategorikan sebagai manuver yang tidak diperbolehkan. Karena Ia sedang bertarung dengan pembalap lain dan memanfaatkan momentum late-braking hingga efeknya terlihat seperti sebuah kesalahan yang tak disengaja.


(UDA)