Regulasi F1 2017

Brawn: Saatnya F1 Pasang Strategi untuk Masa Depan

Ahmad Garuda    •    11 Januari 2017 16:12 WIB
regulasi f1
Brawn: Saatnya F1 Pasang Strategi untuk Masa Depan
Ross Brawn mengkritik sikap F1 yang tak punya perencanaan jangka panjang. Wtf1.co.uk

Metrotvnews.com, Inggris: Mantan pemilik tim Brawn GP yang sekarang jadi tim Mercedes GP yaitu Ross Brawn, mengkritik sikap penyelenggara F1 yang tak punya perencanaan jangka panjang. Pria asal Inggris itu menegaskan bahwa saat ini otoritas terkait di F1, membuat keputusan bersifat reaktif saja.

Ia melihat dari beberapa perubahan regulasi yang dilakukan dalam waktu singkat. Itu pun saat sudah melihat pemicunya seperti apa. Kemudian perubahan regulasi yang besar-besaran di 2017 juga dinilai sebagai langkah yang cukup mendadak. Lantaran dominasi tim Mercedes GP cukup besar dan hanya dengan regulasi baru itu dominasinya bisa dihilangkan.

"F1 harus punya perencanaan besar untuk masa depan. Saya rasa yang membuat kita cukup frustrasi karena mereka tak punya rencana jangka panjang. Alangkah bagusnya jika saat ini mulai direncanakan mau dibawa ke mana ajang balap ini untuk 3 atau 5 tahun ke depan," klaim Brawn.

Salah satu contoh yang cukup berpengaruh diberikan Brawn yaitu soal mesin mobil F1. Mesin ini memang cukup bagus, tapi masih sangat mahal untuk tim-tim kecil. "Jika Anda mulai menetapkan rencana seperti itu mulai sekarang, ya pastinya musim depan itu mungkin takkan tercapai. Tapi dari 3-5 tahun ke depan, akan ada solusi selama kita bekerja keras untuk mewujudkannya."

Brawn hingga saat ini mengaku belum pernah bertemu dengan supremo F1, Bernie Ecclestone. Namun hal ini sudah Ia ungkapkan berulang-kali ketika Ia masih aktif di balap F1.


Baca juga:
Silverstone Berencana Setop Gelar Balapan F1
Bernie Ecclestone Berharap Mick Schumacher Ikuti Jejak Ayahnya




(UDA)