F1 GP Amerika Serikat

Tercepat di COTA, Gelar Juara Dunia Menanti Lewis Hamilton

Kautsar Halim    •    23 Oktober 2017 07:10 WIB
f1 2017
Tercepat di COTA, Gelar Juara Dunia Menanti Lewis Hamilton
Selebrasi kemenangan Lewis Hamilton di F1 GP Amerika Serikat. (Clive Rose/Getty Images/AFP)

Metrotvnews.com, Austin: Lewis Hamilton keluar sebagai juara F1 GP Amerika Serikat (AS) yang berlangsung di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas, Senin 23 Oktober dini hari WIB. Kemenangan tersebut berhasil memperbesar peluang Hamilton untuk menjadi juara dunia.

Hamilton memang punya modal bagus untuk melakoni GP AS. Selain mendominasi tiga sesi latihan bebas, ia juga sukses menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi dan berhak mengisi posisi start paling depan.

Sebastian Vettel yang tergabung dengan tim Ferrari sudah mengerahkan seluruh kemampuannya untuk menggagalkan kemenangan Hamilton. Namun, upayanya selalu gagal karena
Hamilton jarang memberikan celah saat balapan.


Klik: Hamilton Start Terdepan di Austin


Hamilton menyelesaikan 56 putaran sirkuit COTA dengan catatan waktu 1 jam 33 menit dan 50.993 detik. Torehan itu dibuntuti Vettel, Kimi Raikkonen, Max Verstappen dan Valtteri Bottas yang berselisih waktu kurang dari semenit dengan Hamilton.

Tidak banyak peserta yang bisa bersaing dengan Hamilton di F1 GP AS. Terhitung dari 20 pembalap yang tampil, empat di antaranya gagal finis dan sembilan lainnya berselisih jarak hingga satu putaran dengan Hamilton.


Klik: Rosberg Bocorkan Kelemahan Hamilton


Kemenangan di AS membuat Hamilton semakin dekat untuk mewujudkan targetnya sebagai juara F1 GP 2017. Jika sebelumnya ia berselisih 16 poin dengan Vettel yang setia membuntutinya di klasemen sementara, kali ini selisih poin Hamilton dengan Vettel sudah mencapai 66 poin.

Dengan berakhirnya balapan di AS, artinya GP 2017 tinggal tersisa tiga seri lagi, yaitu di Meksiko, Brasil dan Abu Dhabi. Hamilton dipastikan bisa mengunci gelar juara apabila mampu finis minimal di urutan lima pada salah satu seri tersebut.

Berikut hasil lengkap F1 GP Amerika Serikat:


 


(KAU)