Kesan Pertama Fernando Alonso dengan Mobil Indy 500

Kautsar Halim    •    04 Mei 2017 21:58 WIB
f1 2017
Kesan Pertama Fernando Alonso dengan Mobil Indy 500
FErnando Alonso. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Metrotvnews.com, Speedway: Fernando Alonso tetap kesulitan untuk beradaptasi dengan jet darat di ajang Indianapolis 500. Meski berstatus sebagai juara dunia F1 dua kali, pria asal Spanyol itu masih harus berlatih keras.

Beberapa waktu yang lalu, Alonso membuat heboh dunia F1 karena memutuskan absen di GP Monaco. Keputusan itu sengaja diambil karena ingin mencoba peruntungan di ajang Indianapolis 500 pada 28 Mei mendatang.


Klik: Alex Rins Cedera, Suzuki Rekrut Mantan Juara WorldSBK


Di ajang Indy 500, Alonso tergabung dengan tim Mclaren Honda dan Andretti Autosport. Kesempatan pertamanya menjajal lintasan sudah ia lakukan pada Rabu 3 Mei waktu setempat. Alonso dikabarkan sangat menikmati pengalaman perdananya dengan mobil Indy. Catatan waktunya bahkan disebutkan tidak terlalu buruk karena berpeluang memulai start dari deretan depan.


Klik: Lagi, Tiga Atlet Rusia Positif Gunakan Doping


Namun berbeda dengan hasil tersebut, Alonso malah mengaku aneh seusai menjajal mobilnya. Menurutnya, pencapaian itu masih bisa lebih baik lagi karena ia belum beradaptasi dengan baik dengan mobilnya.

"Ini hal baru dan saya merasa sedikit aneh. Pasalnya, saya harus mengemudi berlawanan arah dengan jarum jam sambil menggunakan kecepatan tinggi," kata Alonso.

"Awalnya, saya menggunakan orientasi program pemula untuk menjajal lintasan beda dan menggunakan kecepatan berbeda juga. Itu sangat membantu untuk meningkatkan kecepatan ," tambahnya.

"Saya sangat terbantu dengan sesi uji coba ini karena balapan ini baru untuk saat saya dengan memiliki teknik mengemudi dan mengendalikan kecepatan yang baru juga. Perjalanan saya masih panjang untuk menjadi lebih baik, tapi saya bahagia dengan hasil awal ini," lanjut pembalap Spanyol itu.

F1 GP 2017 sudah berlalu sebanyak empat seri. Namun, pencapaian terbaik Alonso bersama tim Mclaren-Honda hanya finis di urutan 14 saat GP Bahrain. Selebihnya, Alonso malah gagal finis. (crash)

 


(ACF)