F1 2017

Hamilton Takkan Gunakan Taktik Rosberg untuk Meraih Gelar F1 2017

Patrick Pinaria    •    05 Oktober 2017 23:46 WIB
f1 2017
Hamilton Takkan Gunakan Taktik Rosberg untuk Meraih Gelar F1 2017
Lewis Hamilton (Foto: AFP/Toshifumi Kitamura)

Metrotvnews.com, Suzuka: Nico Rosberg sukses menjadi juara F1 musim 2016. Menariknya, status juara dunia didapat pembalap asal Jerman tersebut tanpa harus memenangkan empat seri balapan terakhir musim itu.

Hal itu dimulai Rosberg pada balapan GP Amerika Serikat. Sebelum balapan dimulai, pembalap asal Jerman tersebut sudah mengoleksi 313 poin atau unggul 33 poin dari rekan setimnya, Lewis Hamilton yang berada di peringkat kedua klasemen pembalap sementara.

Rosberg hanya finis di peringkat kedua pada balapan tersebut. Kemudian, ia terus meraih posisi kedua dalam tiga balapan berikutnya.

Baca: Metro TV Heritage RUN Bakal Digelar Desember 2017

Sementara itu, Hamilton mencoba untuk terus memenangkan empat balapan terakhir. Namun, upayanya terasa sia-sia. Sebab, Rosberg tetap menjadi juara karena berhasil mengoleksi 385 poin. Sedangkan Hamilton hanya mencapai 380 poin.

Hamilton mengaku enggan meniru jejak Rosberg pada musim lalu. Ia memastikan akan tetap berjuang memenangkan lima seri balapan terakhir untuk meraih gelar musim 2017.

"Saya hanya ingin menang setiap akhir pekan. Seseorang menyebut Rosberg hanya ingin finis kedua pada empat balapan seri terakhir musim lalu. Sebab, saya baru berada dalam top performa dalam balapan terakhir," ujar Hamilton.

"Ia lolos untuk mendapatkan pole position. Ia tidak lolos ke posisi kedua. Tetapi, orang melihatnya seolah-olah ia melaju untuk finis kedua. Tetapi, ia tidak bisa melewatinya karena saya sudah melaju kencang," lanjutnya.

Baca: Sebanyak 16 Atlet Pelatnas Bersiap Hadapi Kejuaraan Dunia Karate

"Tujuan saya adalah untuk terus memenangkan balapan. Bahkan, jika saya tidak harus memenangkan balapan sisa tahun ini. Itu cara terbaik karena saya masih memburu kemenangan, bukan membelinya," tutur Hamilton.

Hamilton berpotensi mengulangi catatan Rosberg pada musim lalu. Itu bisa terjadi seandainya Hamilton mampu memenangkan balapan GP Jepang akhir pekan ini untuk mempertahankan keunggulannya di puncak klasemen dari rivalnya, Sebastian Vettel.

Saat ini, Hamilton berada di puncak klasemen pembalap sementara dengan mengoleksi 281 poin. Ia unggul 34 poin dari Sebastian Vettel yang berada di peringkat kedua. (Crash)


Video: 15 Klub Ancam Keluar dari Liga 1

 


(RIZ)