F1GP Azerbaijan

Legenda F1 Sarankan Duo Red Bull Ganti Rugi Kerusakan Mobil

M. Rizky Adhestian    •    02 Mei 2018 11:52 WIB
F1 2018
Legenda F1 Sarankan Duo Red Bull Ganti Rugi Kerusakan Mobil
Daniel Ricciardo (kiri) menabrak Max Verstappen (kanan) (Foto: Skysports)

Vienna: Mantan pembalap Formula 1, Niki Lauda menyebut Daniel Ricciardo dan Max Verstappen seharusnya membayar ganti rugi kerusakan mobil RB14 milik timnya. Terlebih, ia melihat Verstappen menjadi biang kecelakaan tersebut.

Insiden tabrakan Ricciardo dan Verstappen mewarnai jalannya F1 GP Azerbaijan yang berlangsung di Sirkuit Baku pada Minggu 29 April. Itu terjadi saat keduanya terlibat duel pada lap ke-40.

Verstappen berusaha menghalangi Ricciardo dengan manuvernya agar tidak disalip. Akan tetapi, Ricciardo malah menyeruduk bagian belakang Verstappen hingga keduanya terpelintir dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Baca: Red Bull Mulai Komunikasi dengan Honda

Lauda menilai tabrakan yang membuat kerugian material dan kesempatan perburuan gelar juara bagi Red Bull itu disebabkan ulah kedua pembalap tersebut. Peraih tiga gelar juara dunia F1 itu mengatakan seharusnya Ricciardo dan Verstappen membayar ganti rugi.

"Apa yang harus saya lakukan? Saya akan membawa mereka ke kantor saya dan membuat mereka membayar untuk perbaikan (mobil). Penilaian saya, Verstappen 70 persen bersalah, Ricciardo 30 persen bersalah," kata Lauda.

"Anda tidak bisa bermanuver seperti itu di trek lurus. Pada akhirnya, pembalap yang dirugikan (Ricciardo) tidak dapat kemana-mana," sambungnya.

Dilansir Dailymail, kerusakan sayap depan dan ujung hidung mobil Ricciardo menyebabkan kerugian lebih dari USD220 ribu (Rp3 miliar). Sementara itu, kerusakan sistem pembuangan, sayap belakang, dan rem belakang pada mobil Verstappen berkisar USD740 ribu (Rp10,3 miliar). (Dailymail)
 


(KRS)