F1 GP Jepang

Tim Mercedes Sabet Gelar Juara Dunia Konstruktor F1

Krisna Octavianus    •    09 Oktober 2016 14:11 WIB
f1 2016
Tim Mercedes Sabet Gelar Juara Dunia Konstruktor F1
Duo Pembalap Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton (Foto: BEHROUZ MEHRI / AFP)

Metrotvnews.com, Suzuka: Tim Mercedes berhasil menjadi juara dunia konstruktor Formula One (F1) musim 2016. Hal itu terjadi setelah dua pembalap mereka, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton naik podium di GP Jepang hari ini, Minggu 9 Oktober siang WIB.

Rosberg berhasil menjadi juara setelah tampil tercepat di Sirkuit Suzuka dengan catatan waktu 1 jam 26 mneit 43,333 detik. Setelah tampil luar biasa sejak latihan bebas, ia menyempurnakan pekan di Suzuka dengan kemenangan.

Di sisi lain, rekan setim Rosberg, Hamilton juga mampu naik podium yang menyumbangkan poin bagi timnya. Bedanya, pembalap asal Inggris itu naik podium ketiga dengan waktu 5,776 detik lebih lambat dibanding Rosberg.

Hasil ini membawa Mercedes memastikan gelar juara dunia konstruktor musim 2016. Raihan poin Mercedes yang sudah 593 poin sudah tak mungkin dikejar oleh Red Bull Racing yang mengumpulkan 385 poin. Sisa empat balapan lagi, poin maksimal yang bisa didapat Red Bull ada 172 poin, dan itu tidak bisa mendekati raihan poin Mercedes.

Bagi Mercedes ini menjadi gelar juara dunia konstruktor ketiga secara berturut-turut. Sebelumnya, pabrikan asal Jerman itu berhasil juara pada musim 2014 dan 2015. 

Klasemen konstruktor sampai GP Jepang:




(KRS)