GP Abu Dhabi

Finis Posisi Kedua, Rosberg Jadi Juara Dunia F1 2016

Krisna Octavianus    •    27 November 2016 22:05 WIB
f1 2016f1 abu dhabi
Finis Posisi Kedua, Rosberg Jadi Juara Dunia F1 2016
Nico Rosberg (Foto: twitter)

Metrotvnews.com, Abu Dhabi: Nico Rosberg akhirnya menjadi juara dunia Formula One (F1) setelah finis kedua di balapan GP Abu Dhabi, Minggu 27 November malam WIB. Sementara itu, balapan dimenangi oleh rekan setim Rosberg, Lewis Hamilton yang tampil konsisten sejak awal balapan.

Hamilton yang menempati pole position pada balapan pamungkas kali ini langsung melesat untuk memimpin balapan. Sementara itu, Rosberg juga terus menguntit Hamilton di posisi kedua. 

Posisi terdepan selalu menjadi milik Hamilton. Sedangkan, posisi kedua Rosberg sempat disalip Max Verstappen saat sang pembalap Jerman itu masuk pit stop pada lap kesembilan.

Sebastian Vettel sempat meramaikan balapan dengan menyodok ke posisi pertama pada lap ke-35. Hamilton, Rosberg, dan Verstappen berturut-turut berada di posisi belakang Vettel.

Selepas itu, posisi terdepan kembali diambil alih Hamilton. Posisi pembalap Hamilton, Rosberg, Verstappen, dan Vettel terjadi sampai lap ke-50.

Cerita dramatis terjadi saat Vettel melakukan manuver brilian pada lap ke-51 untuk menyalip Verstappen. Posisi ketiga berhasil ia raih sampai balapan usai.

Hamilton terus menjaga posisi dengan baik sampai balapan selesai. Rosberg yang aman pada posisi kedua, memilih membalap dengan aman. Sampai akhirnya ia menuntaskan balapan di posisi kedua dan itu sudah cukup baginya untuk menjadi juara dunia F1 2016.

Hasil akhir, Rosberg mengumpukan 385 poin berbeda lima poin dengan Hamilton yang harus puas sebagai runner-up. Mirisnya, Hamilton sebenarnya adalah pembalap dengan kemenangan terbanyak musim ini, yakni 10 balapan.

Rosberg menjadi juara dunia setelah ia selalu berhasil naik podium dan memiliki sembilan gelar. Ia menjadi orang ke-33 yang bisa menjadi juara dunia F1 dan mengikuti jejak sang ayah Keke Rosberg yang menjadi juara dunia pada 1982.

Hasil GP Abu Dhabi:




 


(KRS)