F1GP Azerbaijan

Dramatis, Lewis Hamilton Finis Pertama di Azerbaijan

Kautsar Halim    •    29 April 2018 21:53 WIB
F1 2018
Dramatis,  Lewis Hamilton Finis Pertama di Azerbaijan
Lewis Hamilton berpose dengan trofi F1GP Azerbaijan. (AFP PHOTO / Kirill KUDRYAVTSEV)

Baku: Lewis Hamilton berhasil finis terdepan pada ajang F1GP Azerbaijan yang berlangsung di Sirkuit Baku, Minggu 29 April. Kemenangan itu baru ia rengkuh setelah memanfaatkan ketatnya persaingan pada 15 lap terakhir.

Modal start dari posisi dua bukan kendala berarti bagi pembalap Mercedes yang berstatus sebagai juara bertahan itu. Hamilton tampil cukup sabar membuntuti Sebastian Vettel yang akhirnya melakukan kesalahan pada lap ke-48.

Vettel yang memiliki modal pole position malah gagal naik podium karena kesalahan tersebut. Ia harus rela finis di posisi keempat lantaran disalip oleh rekan setimnya Kimi Raikkonen dan pembalap Force India, Sergio Perez.
 

Klik: Vettel Rebut Pole Position GP Azerbaijan


Jalannya balapan sudah ketat sejak lampu hijau start menyala dan di sepanjang lap pertama. Seluruh peserta saling bersaing tidak mau mengalah hingga menyebabkan Esteban Ocon dan Sergey Sirotkin tabrakan hingga akhirnya gagal melanjutkan lomba.

Kendati demikian persaingan paling sengit malah terlihat dua pembalap Red Bull, yakni Max Verstappen dan Daniel Ricciardo. Setelah saling salip pada pertengahan lomba, keduanya malah bertabrakan dan tidak bisa melanjutkan lomba. 

Selain itu, Valtteri Bottas yang mengambil keuntungan dari insiden dua pembalap Red Bull, juga tidak bisa melanjutkan lomba. Itu terjadi karena ban belakangnya pecah ketika memimpin balapan pada lap ke-48. 

Hasil F1GP Azerbaijan punya makna istimewa bagi beberapa pembalap. Untuk Hamilton, kemenangan ini merupakan podium pertamanya di sepanjang musim 2018. Kemudian bagi Perez, posisi ketiganya merupakan pencapaian terbaik bagi Force India sejak 2016 silam.

Berikut hasil lengkap F1GP Azerbaijan:



 


(KAU)