F1 2018

Honda Konfirmasi Pergantian Perangkat Mesin Mobil Toro Rosso

M. Rizky Adhestian    •    05 April 2018 16:57 WIB
F1 2018
Honda Konfirmasi Pergantian Perangkat Mesin Mobil Toro Rosso
Pierre Gasly. (Foto: AFP/William West)

Faenza: Honda memutuskan untuk mengganti bagian perangkat mesinnya pada kedua mobil Formula 1 milik tim satelit Toro Rosso. Hal tersebut dilakukan terkait insiden yang menimpa Pierre Gasly pada Grand Prix Australia 25 Maret lalu.

Gasly gagal menyelesaikan balapan di GP Australia setelah melakoni 13 lap. Mobil yang dipacu pembalap asal Prancis itu mengalami kerusakan pada komponen MGU-H yang juga merusak pembakaran mesin internal dan turbocharger.

Honda selaku pihak pemasok mesin telah melakukan analisis terkait masalah tersebut. Hasilnya, Direktur Teknis Toyoharu Tanabe mengonfirmasi bahwa Gasly akan mengganti tiga komponen yang rusak tersebut untuk balapan di Bahrain.

Hal yang sama juga akan diterapkan pada mobil Hartley meski hanya dua komponen yang diganti. Menurut Tanabe, tindakan ini adalah bentuk pencegahan agar masalah yang sama tidak menimpa rekan satu tim Gasly tersebut.

Baca: Rossi: Pertarungan yang Sulit di Argentina


"Di Bahrain, Pierre (Gasly) akan menggunakan komponen ICE, MGU-H dan turbocharger yang baru. MGU-H dan turbochargernya telah dimodifikasi, berdasarkan yang kami pelajari pada balapan pertama," kata Tanabe.

"Karena masalah yang kami hadapi di Melbourne, kami memutuskan, sebagai bentuk pencegahan, untuk juga mengganti MGU-H dan turbocharger pada mobil Brendon (Hartley), menyesuaikan komponen baru yang telah dimodifikasi," sambungnya.

Baca: Velodrome Rawamangun Bisa Tampung 5000 Penonton


Berdasarkan peraturan komponen mesin F1 yang lebih ketat untuk 2018, pembalap hanya diizinkan menggunakan maksimal tiga mesin, MGU-H dan turbocharger untuk satu musim. Kini, Toro Rosso Honda sudah menggunakan ketiga komponennya dalam satu balapan menuju 21 balapan lainnya. (Crash)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Renovasi Velodrome akan Selesai Mei


(ASM)