F1 2017

Juara Dunia, Hamilton Tak akan Gunakan No.1 di Mobilnya

Achmad Firdaus    •    17 November 2017 19:34 WIB
f1 2017
Juara Dunia, Hamilton Tak akan Gunakan No.1 di Mobilnya
Lewis Hamilton saat beraksi di F1GP Brasil (Foto: AFP PHOTO / NELSON ALMEIDA)

Jakarta: Sebagai juara dunia Formula 1 2017, Lewis Hamilton memiliki hak untuk menggunakan nomor satu (no.1) pada mobilnya di musim depan. Namun, pembalap Mercedes ini menegaskan tidak akan mengambil opsi tersebut.

Hamilton memilih untuk tetap menggunakan nomor mobil 44 yang sudah lama digunakannya. Alasannya, Hamilton tidak ingin kehilangan identitas serta koneksi pribadi dengan nomor tersebut.

"Saya tidak punya rencana untuk menggantinya. Nomor 44 adalah keluarga saya. Memang sedikit aneh, dan saya rasa semua orang punya nomor keberuntungan. Kami memilih nomor tersebut, ayah saya juga memilih nomor tersebut ketika saya masih muda," ujar Hamilton.
 

Baca: Schumacher Pembalap Terbaik Ferrari Sepanjang Masa


Di luar alasannya di atas, mungkin Hamilton tidak ingin ketiban sial jika menggunakan nomor satu di mobilnya. Sebab, dia pernah mengalami hal tersebut, delapan tahun silam.

Hamilton sempat menggunakan nomor satu pada F1 2009 usai mengamankan gelar juara dunia secara dramatis pada 2008. Sayang, keputusannya menggunakan nomor satu tidak berbanding lurus dengan peruntungannya di lintasan. Di musim itu (2009), Hamilton harus kehilangan gelar juara dunia dan puas duduk di peringkat lima pada klasemen akhir pembalap.

Sejak saat itu, Hamilton memutuskan kembali menggunakan nomor 44 dan tidak pernah lagi menggantinya, meski ia sempat dua kali memiliki peluang untuk menggunakan no.1 ketika tampil sebagai juara dunia F1 pada musim 2014 dan 2015.
 

Baca juga: Alonso Sebut Performa McLaren di F1 2017 Sangat Buruk


"Saya rasa, saya hanya akan menggunakan nomor 44 di mobil. Lagipula, saya tidak terlalu suka dengan angka satu. Di masa lalu, sejumlah pembalap seperti Michael Schumacher pernah menggunakan nomor 1. Tapi tidak ada yang menggunakan nomor 44 kecuali saya," imbuhnya.

"Angka ini seperti memberikan keberuntungan buat saya sejak saya memulai karier (balap). Saya rasa, para penggemar saya juga sudah mengenali saya dengan nomor tersebut. Anda tidak bisa terus menggunakan nomor 1 (karena ketika tidak jadi juara dunia, anda harus melepaskan nomor tersebut). Sementara itu, nomor 44 akan selamanya menjadi milik saya," tandas pembalap asal Inggris tersebut.

Video: ?Kevin/Marcus & Owi/Butet Melaju ke Babak Delapan Besar Tiongkok Terbuka



(ACF)