Formula 1

Ecclestone: Ferrari Terlalu Nasionalis!

Ahmad Garuda    •    07 November 2016 11:07 WIB
formula 1
Ecclestone: Ferrari Terlalu Nasionalis!
Bernie Ecclestone anggap Ferrari kini kembali ke rasa nasionalisme tinggi. XPB Images

Metrotvnews.com, Meksiko: Scuderia Ferrari memang benar adalah tim balap Formula One (F1) yang dibangun dari brand Italia yaitu manufaktur mobil Ferrari. Tapi menurut CEO Formula One Management (FOM), Bernie Ecclestone, dalam dunia balap tak perlu harus terlalu nasionalis.

Hal ini akan berdampak pada kinerja tim yang takkan sesuai ekspektasi. Menurut pria berusia lebih dari 80 tahun itu, sekarang Ferrari terlalu Italia. Kalau ingin tim balap yang punya ambisi lebih untuk meraih hasil terbaik, harusnya mereka mulai membangun tim ini tidak berdasarkan personil yang harus orang Italia.

"Saya hanya berharap Ferrari berubah tahun depan dan mulai memenangi balapan. Apa yang harusnya dilakukan Maurizio Arrivabene (prinsipal tim Ferrari), harusnya hanya mendukung tim Ferrari saja seperti yang dilakukan oleh Mercedes-Benz. Jika tim ini punya dukungan besar seperti yang diberikan Mercedes pada tim Mercedes GP, maka target kemenangan bisa lebih mudah dicapai. Tahun depan, rasanya Ferrari bisa tampil beda," klaim Ecclestone.

"Coba ingat, ketika Jean Todt diangkat sebagai prinsipal tim Ferrari. Todt sedikit merasa gusar karena tim ini punya nasionalisme tinggi, sementara Ia adalah orang yang berkewarganegaraan Perancis. Tapi saya bilang ke mereka, bahwa ketika Anda meraih kemenangan, maka bisa ditelururi bahwa Todt juga punya keturunan asal Sicilia."

Sejak kedatangan Todt dan pencapaian titel juara dunia yang diraih Michael Schumacher, Ferrari mulai meminggirkan kewajiban untuk merekrut kru tim yang harus Italia. Tapi kini, tim tersebut kembali sangat Italia jadi bagi Ecclestone, ini adalah pekerjaan yang tak mudah bagi Arrivabene.

Jika tahun depan tim asal Italia itu tak mengubah cara pandang mereka, bisa jadi mereka bakal sulit bangkit lagi untuk ke depannya.


(UDA)