Teknis Formula 1

Regulasi F1 2017 Bakal Ubah Dimensi Mobil

Ahmad Garuda    •    13 Oktober 2016 17:22 WIB
teknologi f1
Regulasi F1 2017 Bakal Ubah Dimensi Mobil
Desain mobil F1 tahun depan bakal lebih besar. F1Fanatic

Metrotvnews.com: Sejak dilakukan perubahan mesin dari 2.400 cc ke 1.600 cc turbo 2014 lalu, tak ada lagi perubahan besar di mobil balap Formula 1 hingga saat ini. Tapi mulai tahun depan, regulator balap F1 bakal memberlakukan regulasi baru soal paket aerodinamika di mobil jet darat itu.

Beberapa bagian yang mengalami perubahan tentunya pada dimensi mobil. Baik lebar, tinggi atau panjangnya akan berubah. Uniknya ini berhubungan juga dengan dimensi ban yang semakin lebar yang diuji coba oleh Nico Rosberg di Sirkuit Catalunya, Spanyol mulai Rabu (12/10/2016) kemarin.

Dari data yang diungkap F1-Fanatic, lebar ban yang digunakan saat ini adalah 305-355 mm untuk bagian depan. Kemudian bagian belakang dengan lebar tapak 365-380 mm. Tapi mulai tahun depan, lebarnya bakal mencapai 450-465 di bagian belakang. Untuk bagian depannya belum dipastikan, tapi pastinya bakal lebih lebar ketimbang yang ada saat ini.

Terakhir kali desain mobil Formula 1 yang terlihat sangat lebar adalah di 1997. Kemungkinan format lebar ini bakal kembali digunakan karena bakal menganut lebar dua meter. Karena bodi semakin lebar, maka ban juga ikut melebar. Tujuannya jelas untuk membuat grip semakin besar dan target mobil lebih cepat 5 detik per lap di tiap sirkuit balap F1 tahun depan, bakal tercapai.

Penutup atau pelindung kokpit

Balap Formula 1 itu adalah balapan yang sangat berbahaya. Apalagi jika terjadi kecelakaan. Dengan kondisi kokpit terbuka, memungkinkan kepala pembalap bisa terbentur benda lain. Namun setelah diluncurkannya pelindung kokpit, bisa meminimalisir dampak buruknya kepada pembalap.

Lebar mobil
Sudah hampir dua dekade, ajang balap F1 memberlakukan lebar mobil tidak lebih dari 1.800 mm. Tapi adanya tambahan sebesar 10 cm di samping kiri dan kanannya membuat lebar mobil mencapai dua meter. Dengan dimensi yang bertambah ini, berarti ada ruang kosong yang membuat tangki bahan bakar bisa ditambahkan. Regulasi baru menyebutkan bahwa total bahan bakar yang bisa emban adalah sebanyak 105 kg, bertambah 5 kg dari sebelumnya yang hanya 100 kg.

Lantaran lebar mobil bertambah, sayap depan juga ikut bertambah lebar. Desainnya bakal diatur sedemikian rupa, sehingga membuat sistem aerodinamika di mobil lebih baik. Termasuk jarak yang outboard dengan hidung, hingga bagian terluar sayap depan dengan bagian dalamnya.

Tambahan bargeboard

Bargeboard merupakan kisi-kisi seperti sirip untuk mengarahkan udara ke sidepod. Biasanya ini mengatur agar alirah udara yang masuk ke sidepod lebih merata setelah alirannya rusak oleh aliran ban depan. Sejak 2009 komponen ini sudah tidak banyak dipakai karena cukup dibatasi. Mulai tahun depan itu bisa dipakai lagi, tapi jaraknya dari ban depan harus kurang dari setengah meter dan tingginya tak boleh melebihi 475 mm.

Diffuser lebih tinggi

Perubahan lain adalah di bagian diffuser. Bagian ini berfungsi mengatur udara yang melewati kolong mobil agar lebih mulus keluar dari belakang. Sehingga membuat turbulensi udara di bawa kolong mobil bisa direduksi dan grip ban belakang lebih baik. Tahun depan bagian ini bakal lebih tinggi dan lebih lebar, mengikuti dimensi mobil.

Semua perubahan ini masih akan di-review oleh beberapa tim. Tapi jika tidak ada perubahan, maka regulasi ini akan tetap digunakan.


(UDA)