Profil Tim F1GP 2018: Williams

Rendy Renuki H    •    22 Maret 2018 16:20 WIB
F1 2018
Profil Tim F1GP 2018: Williams
TIm Williams Martini Racing (f1.com)

Jakarta: Williams Martini Racing menjadi salah satu tim kawakan di ajang balap jet darat Formula 1. Tim yang didirikan oleh Sir Frank Williams dan Sir Patrick Head ini sudah mengikuti ajang F1 sejak 1978 silam.

Di tahun berikutnya, tim asal Inggris tersebut langsung unjuk gigi dengan memenangi GP Inggris. Kemenangan itu menjadi sejarah awal Williams meraih kemenangan di ajang F1.

Williams terus melakukan gebrakan dan puncaknya terjadi pada 1980. Pebalap andalan Williams saat itu, Alan Jones, berhasil meraih gelar juara dunia pertama kalinya bagi Williams.

Kesuksesan tersebut diiringi juga pencapaian Williams yang meraih gelar konstruksi terbaik musim 1980. Gelar juara dunia Williams pun terus berlanjut pada musim 1982, 1987, 1992, hingga 1993.

Sayang, duka mendalam dialami Williams pada musim 1994 usai terjadi tragedi kecelakaan mematikan yang menewaskan Ayrton Senna. Kejadian mengejutkan juga tentunya bagi pembalap asal Brasil tersebut karena musim pertamanya bersama William langsung berakhir tragis.

Klik: Profil Tim F1GP 2018: Aston Martin Red Bull Racing


Seiring kematian Senna, prestasi Williams pun kian meredup di kancah F1. Gelar juara dunia terakhir yang diraih Williams terjadi pada 1997 silam oleh pembalap mereka, Jacques Villeneuve.

Kini, tim yang telah meraih sembilan gelar juara dunia dengan total koleksu 311 podium itu masih belum mampu menandingi performa tim besar lain macam Mercedes dan Ferrari. Namun, Williams tetap mampu menjadi salah satu dari lima tim besar F1 musim 2018.

Mobil Williams FW41

Williams telah merilis mobil baru mereka yang dilabeli FW41 pada jumpa pers di London Februari lalu. Mobil ini mengusung mesin Mercedes M09 EQ Power V6 yang dirancang langsung bos teknisi mereka, Paddy Lowe.

"Mobil ini banyak memiliki fitur baru, meski kebanyakan tak terlalu mencolok perubahannya. Namun, secara keseluruhan mobil ini memiliki konsep aerodinamis baru yang sangat signifikan," ujar Lowe.

Para Pembalap

Musim ini, Williams akan diperkuat dua pembalap, Lance Stroll dan Sergey Sirotkin. Nama terakhir merupakan pembalap debutan di ajang F1 2018 ini.

Lance Stroll








Pembalap asal Kanada ini kini menjadi andalan utama tim Williams. Sebelumnya, Stroll menjadi pelapis Felipe Massa yang memutuskan mundur usai musim 2017 lalu.

Prestasi pembalap 20 tahun itu pun terbilang lumayan. Di usianya yang masih muda, Stroll sempat sekali mencicipi podium F1 musim lalu dan menyudahi musim 2017 dengan torehan 40 poin.

Sergey Sirotkin








Williams tertarik merekrut pembalap Rusia itu setelah bersinar di ajang Art Formula 2017. Ia juga sempat menjadi salah satu rookie terbaik di ajang GP2 pada 2015 lalu.

 


(REN)