F1GP 2018

Profil Tim F1 2018: Red Bull Racing

Kautsar Halim    •    22 Maret 2018 11:16 WIB
F1 2018
Profil Tim F1 2018: Red Bull Racing
Max Verstappen mengendarai mobil tim Red Bull Racing. (AFP PHOTO / Josep LAGO)

Jakarta: Aston Martin Red Bull Racing atau yang biasa disebut RBR merupakan tim F1 asal Austria. Mereka sudah  berkompetisi sejak 2005 dan berhasil memenangkan empat gelar juara dunia.

Sebastian Vettel yang saat ini bergabung dengan Ferrari adalah salah satu pembalap yang ikut membesarkan nama RBR. Sebab, empat gelar juara dunia tersebut berasal dari prestasinya pada musim 2010, 2011, 2012, and 2013.

Sebagai perusahaan minuman berenergi, Red Bull memiliki dua tim F1. Selain Aston Martin Red Bull Racing, mereka juga menaungi tim Red Bull Toro Rosso Honda yang berasal dari Italia.

Meski bersponsor sama, keduanya tetap bersaing dari berbagai sektor. Itu bisa terlihat dari mobil yang digunakan, power unit yang dipakai, maupun masing-masing pembalap yang direkrut. Kendati demikian, RBR terbukti jauh lebih unggul.

Mobil RB14 milik Aston Martin Red Bull Racing. (Foto: redbull.com)


Pada F1GP musim ini, RBR tidak banyak melakukan perubahan. Jet daratnya masih menggunakan power unit TAG Heur serta menjadikan Daniel Ricciardo dan Max Verstappen sebagai pembalapnya. Perbedaan hanya terlihat dari chassis RB14 yang digunakan.

RBR berhasil menempati urutan tiga dalam daftar klasemen tim pada musim lalu. Selain itu, masing-masing pembalapnya juga pernah merasakan podium utama. Kendati demikian, poin yang mereka kumpulkan masih berselisih jauh dengan Ferrari dan Mercedes yang berada di atasnya.

Daniel Ricciardo
Ricciaro yang berasal dari Australia direkrut Red Bull pada 2014. Ia merupakan putra dari Giuseppe Joe Ricciardo yang memiliki bisnis pertambangan dan mantan pembalap. Selain berkecimpung di dunia balap, Ricciardo juga pemilik klub sepak bola A-League, West Coast Eagles.

Prestasi Ricciardo juga terbilang cukup apik. Ia sempat naik podium utama sebanyak lima kali dan termasuk pembalap lima besar dunia. Pencapaian terbaik Ricciardo diperoleh pada musim pertama bersama RBR karena saat itu dia mampu menyelesaikan musim 2014 di posisi ketiga.

Musim lalu, Ricciardo hanya mampu menyelesaikan 14 balapan dari 20 seri yang digelar. Dalam kesempatan itu, Ricciardo sempat naik podium sebanyak delapan kali dan salah satunya adalah dengan menjadi juara.

Max Verstappen
Pemilik nama panjang Max Emilian Verstappen ini lahir di Hasselt, Belgia pada 30 September 1997. Profesinya sebagai pembalap sudah mendarah daging dari keluarga. Ayahnya yang bernama Jos Verstappen merupakan mantan pembalap F1 dari Belanda. Sedangkan ibunya, Sophie Kumpen, sempat berkompetisi di ajang Gokart di Belgia.

Verstappen yang saat ini berusia 20 tahun dikenal sebagai salah satu pembalap muda paling berbakat di dunia F1. Debutnya bersama RBR ketika menginjak usia 18 tahun atau pada 2016 membuatnya menjadi pembalap termuda yang pernah memenangkan ajang F1. Selain itu, ia juga merupakan pembalap termuda yang bisa mencetak poin serta memimpin balapan.

Verstappen berhasil naik podium utama sebanyak dua kali pada musim lalu, yakni melalui GP Malaysia dan GP Meksiko. Meski begitu, pencapaian akhirnya hanya berada di urutan enam atau berselisih 32 poin dengan Ricciardo yang berada satu strip di atasnya. Terhitung dari 20 seri yang terselenggara, Verstappen hanya mampu menyelesaikan 13 seri balapan.

 


(KAU)