Fernando Alonso Korbankan GP Monaco Demi Indy 500

Kautsar Halim    •    12 April 2017 18:55 WIB
f1 2017
Fernando Alonso Korbankan GP Monaco Demi Indy 500
Pembalap Mclaren Honda, Fernando Alonso. (GREG BAKER / AFP)

Metrotvnews.com, Surrey: Pembalap F1GP Fenando Alonso dipastikan absen pada perhelatan GP Monaco pada 28 Mei mendatang. Pemilik gelar juara dunia itu memutuskan absen karena ingin mencari pengalaman di ajang Indianapolis 500.

Perhelatan Indianapolis 500 atau yang biasa disebut Indy 500 merupakan salah satu event bergengsi di kancah balap roda empat.  Event itu digelar tiap tahun sekali di Sirkuit Indianapolis Motor Speedway.

"Saya sangat senang tahun ini bisa balapan di Indy 500 bersama Mclaren, Honda dan Andretti Autosport. Indy 500 adalah balapan   paling tersohor di kalender motorsport global. Saingan event itu hanya Le Mans 24 Hours dan Monaco Grand Prix,"  kata Alonso.

"Meski begitu, saya memutuskan untuk absen di Monaco dan akan kembali lagi ke kokpit Mclaren-Honda MCL32 saat GP Kanada pada awal Juni," tambahnya.
 

Klik: Sean Pembalap Non-Akademi Red Bull Pertama yang Jadi Test Driver Toro Rosso


Indy 500 punya sensasi berbeda dengan balapan F1GP. Sirkuitnya sengaja didesain berbentuk seperti persegi panjang. Kemudian, balapannya baru selesai setelah melahap 200 putaran.

Sekilas mobil yang digunakan memang mirip dengan jet darat F1. Namun, desain sirkuit yang sederhana itu malah memudahkan seluruh pembalap untuk bersaing dan tidak jarang menimbulkan kecelakaan.

Mclaren sendiri kurang mampu bersaing di ajang Indy 500. Gelar juara Indy 500 hanya pernah mereka raih melalui Johnny Rutherford pada 1974 dan 1976.


Klik: Ayah Max Verstappen Ditangkap Polisi


Meski berstatus sebagai pemegang gelar juara dunia F1GP sebanyak dua kali (2005-2006), Alonso tetap wajah baru di pentas Indy 500. Event itu sengaja ia ikuti karena ingin menambah wawasan dan pengalaman di dunia balap roda empat.

"Saya belum pernah balapan menggunakan mobil Indy sebelumnya. Kemudian, saya juga belum pernah mengemudi di lintasan super cepat seperti itu. Namun, saya percaya diri bisa mendapat kecepatan terbaik di sana," kata Alonso.

"Saya sudah menonton berbagai aksi IndyCar di TV maupun internet. Oleh karena itu, ketelitian ekstra pasti dibutuhkan untuk bersaing dalam jarak dekat dengan kecepatan mencapai 220mil/jam," tambahnya.

Setelah melakoni Indy 500, Alonso akan kembali bersama tim Mclaren Honda untuk mengarungi GP Kanada pada 11 Juni mendatang. Besar kemungkinan, pengganti Alonso ketika absen di Monaco adalah sang juara dunia 2009, Jenson Button. (crash)

 


(ACF)