Sosok Peraih Juara Dunia MotoGP dan F1 Ini Meninggal Dunia

Krisna Octavianus    •    11 Maret 2017 00:13 WIB
motogp 2017f1 2017
Sosok Peraih Juara Dunia MotoGP dan F1 Ini Meninggal Dunia
John Surtees (Foto: notjusttheview)

Metrotvnews.com, London: John Surtees, satu-satunya orang yang bisa menjuarai MotoGP (GP 500) dan Formula 1 meninggal dunia pada usia 83, Jumat 10 Maret dini hari WIB. Surtees menjadi sangat terkenal karena ia satu-satunya yang bisa menjuarai dua balapan motorsport terkemuka di dunia.

Ia meraih gelar juara dunoia F1 bersama Ferrari pada musim 1964. Pria asal Inggris itu total memenangi total enam Grand Prix dalam karier F1 selama 12 tahun.

BACA: Pasca Sakit Jantung, Kondisi Ellyas Pical Membaik

Sementara di dunia MotoGP yang dulu akrab disebut dengan GP 500 ia menjadi juara dunia sebanyak empat kali. Ia tercatat menjadi yang terbaik pada 1956, 1958, 1959, dan 1960.

Surtees dirawat di rumah sakit London bulan lalu dengan kondisi pernapasan yang bermasalah dan setelah waktu yang singkat dalam perawatan intensif ia meninggal pada Jumat malam WIB dengan keluarganya di sisinya.

"Kami sangat berduka atas hilangnya seorang pria yang luar biasa, baik, dan penuh kasih seperti juga hidupnya yang luar biasa," kata keluarga dalam sebuah pernyataan. 

"Ia telah memberikan contoh yang sangat nyata, seseorang yang terus mendorong dirinya di puncak dan terus berjuang sampai akhir hidupnya."

BACA: Lakers Ungguli Suns, Spurs Menyerah dari Thunder

Setelah menarik diri dari ajang balap motorsport, Surtees fokus dengan keluarga, dan dalam beberapa tahun terakhir menghabiskan banyak waktunya bekerja untuk The Henry Surtees Foundation. Sebuah yayasan yang ia bentuk setelah anaknya tewas secara tragis dalam balapan Formula 2 pada 2009.

Surtees meninggalkan seorang istri, Jane dan dua orang putri, Leonora dan Edwina.

 


(KRS)