Regulasi F1

Alonso Optimis McLaren Mampu Respon Perubahan Regulasi F1 2017

Ahmad Garuda    •    23 November 2016 10:10 WIB
regulasi f1
Alonso Optimis McLaren Mampu Respon Perubahan Regulasi F1 2017
Fernando Alonso optimis timnya mampu membawa respon perubahan regulasi di F1 2017. Honda Racing

Metrotvnews.com, Abu Dhabi: Perubahan regulasi balap Formula One (F1) 2017, bakal membuka harapan baru bagi tim-tim balap yang saat ini merasa punya kemampuan dalam hal aerodinamika. Mengingat regulasi musim depan memihak tim yang punya kapabilitas melakukan riset sistem aerodinamika secara terus menerus.

Hal ini disambut dengan sangat baik oleh pembalap tim McLaren-Honda, Fernando Alonso. Ia melihat tahun depan mereka takkan lagi berurusan dengan masalah reliabiltias atau pun durabilitas mobil. Hal itu terbukti tahun ini, dengan berkurangnya masalah yang mereka rasakan dan mulai bisa memainkan peran untuk bertarung dan menyusul pembalap di depannya setiap balapan.

Pencapaian McLaren-Honda tahun ini, memang cukup besar, karena mereka berhasil membuat kapabilitas mobil mereka naik dan sedikit melebihi ekspektasi yang ada.

"Kami mengalami masalah yang besar untuk urusan reliabilitas, kemampuan mobil, tenaga, baterai motor listrik dan banyak lagi hal lain. Makanya sulit untuk belajar lebih baik, karena kami sibuk menyelesaikan masalah itu. Tapi musim ini kami mampu meraih hasil yang lebih baik dan bisa bertarung lebih agresif," sambut Alonso.

Musim balap Formula One (F1) 2015 adalah penanda bersatunya kembali tim McLaren dengan Honda Racing, setelah vakum dari dunia balap itu. Tapi ekspektasi bisa tampil kompetitif sejak awal 2015 tak bisa terwujud. Mereka kebanyakan malah bertarung di lini belakang dan berperang dengan masalah reliabilitas mobil.

Kompetitifitas mereka tahun ini menjadi cerminan bahwa tim bisa merespon semua masalah yang terjadi saat bisa fokus menyelesaikannya. Tahun depan pastinya akan menarik, mengingat fokus tim-tim akan pindah ke zona aerodinamika mobil.

"Saya percaya dan optimis, kemampuan dan tenaga yang dimiliki tim McLaren, mereka bisa merespon perubahan regulasi F1 2017 dengan lebih baik."

Tapi Alonso juga harus menghitung tim Red Bull Racing yang tahun ini mulai mempekerjakan kembali Adrian Newey sebagai aerodinamicist di tim tersebut. Newey adalah orang di belakang kesuksesan Sebastian Vettel dalam meraih titel juara dunia secara beruntun dalam kurun (2010-2013).


(UDA)