Verstappen Menyalahkan Vettel atas Insiden Tabrakan di GP Singapura

Kautsar Halim    •    18 September 2017 00:40 WIB
gp f1f1 2017
Verstappen Menyalahkan Vettel atas Insiden Tabrakan di GP Singapura
Insiden tabrakan di start GP Singapura. (AFP PHOTO / MANAN VATSYAYANA)

Metrotvnews.com, Singapura: Pembalap Red Bull Racing TAG Heuer Max Verstappen mengomentari insiden yang menimpanya saat melakoni F1 GP Singapura. Menurutnya, insiden itu aktor utama insiden itu adalah Sebastian Vettel yang tergabung dengan tim Ferrari.

Verstappen tidak mendapat poin tambahan saat melakoni GP Singapura di Sirkuit Marina Bay, Minggu 17 September. Itu terjadi karena ia terlibat tabrakan dengan Vettel dan Kimi Raikkonen ketika start baru dimulai beberapa detik.

Panitia balapan GP Singapura langsung melakukan investigasi terhadap para pembalap yang terlibat insiden itu. Mereka melakukan penyelidikan karena ada kemungkinan insiden itu dilakukan secara sengaja.
 

Klik: Klasemen Pembalap Usai F1 GP Singapura


Dalam cuplikan video tayangan ulang, bisa terlihat Vettel yang mengisi pole position berusaha menutup jalur Verstappen yang start dari urutan dua dari sisi kanan. Sementara itu, Raikkonen yang start di posisi keempat juga berusaha menyalip Verstappen dari sisi kiri.

"Saya pikir Sebastian adalah penyebab utama terjadinya insiden tersebut. Saat itu, dia sengaja memepet saya dan mungkin dia tidak melihat ada Kimi di sebelah kiri saya," ujar Verstappen seusai balapan seperti dilansir crash.net.

"Anda lihat sendiri apa yang terjadi. Lewis akhirnya bisa memimpin balapan dan kami bertiga gagal finis. Saya sudah berusaha untuk mundur dan menghindari tabrakan, tapi ban belakang saya sudah lebih lebar ketimbang ban depan. Jadi, saya tidak bisa mundur," tambahnya.


Klik: Duo Ferrari Tabrakan, Hamilton Finis Terdepan di GP Singapura


Bagi Vettel, insiden yang merugikan ini bukanlah sebuah kecelakaan.  Namun, ia juga tidak bisa protes lebih jauh lagi karena ikut menyadari bahwa  Vettel dan Raikkonen juga mengalami kerugian yang sama, yakni tidak mendapat tambahan poin.

"Saya tidak beranggapan bahwa insiden itu merupakan kecelakaan dalam balapan. Pasalnya, saya yang berada di tengah-tengah dan tidak melakukan melakukan kesalahan," kata Verstappen.

"Tapi, Anda lihat sendiri kalau saya sudah start dengan baik pada balapan ini. Namun pada akhirnya, bukan saya saja yang gagal finis, tapi kami bertiga juga kecewa," tambahnya menutup.

Hasil balapan GP Singapura memang tidak mempengaruhi posisi Raikkonen yang bertengger di urutan lima dengan koleksi 138 poin. Akan tetapi, insiden itu bisa dibilang sangat merugikan bagi Vettel dan Verstappen.

Lantaran gagal menambah poin, Vettel yang tadinya berselisih tiga poin dengan Hamilton di urutan dua harus terima berselisih menjadi 28 poin. Sementara itu, Verstappen yang berada di posisi enam malah ditempel ketat oleh Sergio Perez karena sama-sama memiliki 68 poin. (crash)

 


(KAU)