GP Jepang

Gemilang Sejak Latihan Bebas, Rosberg Raih Pole Position

Krisna Octavianus    •    08 Oktober 2016 14:51 WIB
f1 2016
Gemilang Sejak Latihan Bebas, Rosberg Raih <i>Pole Position</i>
Nico Rosberg (kanan) dan Lewis Hamilton akan start dari posisi terdepan di GP Jepang (Foto: TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)

Metrotvnews.com, Suzuka: Pembalap Mercedes, Nico Rosberg mempertahankan raihan apiknya sejak latihan bebas sampai kualifikasi di ajang GP Jepang, Sabtu 8 Oktober siang WIB. Di babak kualifikasi, ia berhasil mencatatkan waktu tercepat untuk meraih pole position pada balapan yang akan digelar di Sirkuit Suzuka besok.

Ia bahkan terus mempertajam catatan waktunya sejak latihan bebas pertama dan berhasil mencatatkan waktu tercepat 1 menit 30,647 detik. Pembalap asal Jerman itu lebih cepat sekitar dua detik dari latihan bebas ketiga. Hasil ini membuat ia akan memulai start dari posisi pertama.

Posisi kedua untuk balapan besok diraih oleh rekan setim Rosberg, Lewis Hamilton. Ia yang pada latihan bebas ketiga tercecer di posisi ketujuh berhasil menjadi yang tercepat kedua setelah menempuh waktu 1 menit 30,660 detik.

Sementara itu, kejutan dihadirkan oleh pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen. Pembalap asal Finlandia itu tampil tak terlalu baik di latihan bebas. Akan tetapi, di fase kualifikasi, ia tampil luar biasa untuk mendapatkan posisi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 30,949 detik.

Di sisi lain, rekan setim Raikkonen, Sebastian Vettel berhasil menjadi pembalap tercepat keempat dengan catatan waktu 1 menit 31,028 detik. Akan tetapi, ia akan start dari posisi ketujuh karena hukuman yang membuat ia harus mundur tiga grid. Hukuman menyusul insiden senggolan dirinya dengan Max Verstappen dan Nico Rosberg ketika memasuki tikungan pertama GP Malaysia pekan lalu.

Berikut hasil lengkap kualifikasi GP Jepang:




(KRS)