Verstappen: Pembalap Muda Selalu Disalahkan!

M. Rizky Adhestian    •    13 April 2018 07:35 WIB
F1 2018
Verstappen: Pembalap Muda Selalu Disalahkan!
Max verstappen (kiri) dan Lewis Hamilton (kanan) (Foto: AFP PHOTO / Andrej ISAKOVIC)

Shanghai: Pembalap Red Bull, Max Verstappen, merasa tidak adil menjadi sasaran sumpah serapah Lewis Hamilton atas insiden yang melibatkan keduanya pada Grand Prix Bahrain pekan lalu. Menurutnya, pembalap yang lebih muda selalu dipandang salah.

Verstappen harus menyudahi balapannya pada lap-lap awal di GP Bahrain pekan lalu karena masalah kegagalan sistem transmisi dan mengalami kebocoran pada mobilnya. Sebelumnya, driver berusia 20 tahun juga sempat terlibat insiden senggolan dengan Hamilton. 

Ban kiri belakang Verstappen bersenggolan dengan sayap depan mobil sang juara bertahan. Insiden tersebut diduga karena pembalap berpaspor Belanda itu ingin menyalip Hamilton dan berusaha membuat tikungan lebar.

Baca: Ricciardo Kritik Cara Menyalip Verstappen

Ulah Verstappen tersebut membuat Hamilton terpojok dan hampir tidak punya ruang untuk menikung. Akibatnya, mobil keduanya bersenggolan dan menyebabkan RB14 milik pembalap asal Belanda itu mengalami kebocoran sehingga ia harus keluar dari trek.

Hamilton sempat tertangkap kamera meluapkan sumpah serapahnya kepada Verstappen dengan kata-kata kasar saat melihat tayangan ulang insiden tersebut. Verstappen merasa memang lebih mudah menyalahkan pembalap yang lebih muda dalam sebuah insiden.

"Sangat mudah menyalahkan pembalap yang lebih muda. Begitu yang saya lihat. Begitulah balapan. Anda boleh katakan apapun soal itu. Saya rasa tidak ada yang salah dengan yang saya lakukan," kata Verstappen.

Federasi Automobil Internasional sempat menegur Verstappen atas insiden tersebut. Namun, pihaknya tidak memberi sanksi apapun sebab penilaiannya mengatakan itu tidak lebih dari sebuah kecelakaan tanpa disengaja. (Crash)
 


(PAT)