Pembalap F1 2017

Force India Rekrut Ocon, Manor Pertahankan Wehrlein

Ahmad Garuda    •    17 November 2016 11:21 WIB
pembalap f1
Force India Rekrut Ocon, Manor Pertahankan Wehrlein
Esteban Ocon dapat posisi terbaik di Force India untuk F1 2017. Renault

Metrotvnews.com, Inggris: Tim Force India resmi memilih Esteban Ocon untuk musim 2017. Artinya tim Manor Racing tak punya pilihan lain kecuali mempertahankan Pascal Wehrlein dan mencari pembalap rookie lain yang pantas menemani pembalap asal Jerman itu.

Kondisi ini menurut Direktur Manor Racing, Dave Ryan, menimbulkan masalah antara kedua pembalapnya. Wehrlein seakan tidak terima, lantaran Ocon yang jadi pengganti Rio Haryanto, justru langsung mendapat tempat bagus di tim Force India. Sementara Manor Racing juga merasa bahwa Wehrlein punya performa bagus.

"Wehrlein berhak untuk dipertahankan. Ini bukan keputusan kami untuk memilih Ocon sebagai wakil Mercedes di Force India. Ada beberapa pertimbangan yang membuat mereka memilih rekan setimnya," beber Ryan.

"Mereka berdua adalah pembalap muda dan dua-duanya punya bakat yang sangat besar. Tentunya bakal cukup menyakitkan jika seseorang lebih memilih orang baru ketimbang Wehrlein. Padahal Ia sudah melakukan yang terbaik sepanjang musim berjalan."

Menurut Ryan, mengatur pembalap dalam satu tim itu bukan hal mudah. Akan selalu ada kondisi yang panas dan membuat salah satu di antaranya merasa cemburu.

Saat ini pilihan pembalap pengganti Ocon untuk 2017 di tim Manor Racing ada empat pilihan. Nama Rio Haryanto masih masuk sebagai pembalap pilihan. Tapi jika harus membayar dana yang besarnya sama seperti tahun ini, maka itu akan menyulitkan Rio untuk kembali lagi ke F1.


(UDA)