Tes Ban 2017

Pirelli Belum Pecahkan Masalah Ban Basah

Ahmad Garuda    •    21 November 2016 17:42 WIB
formula 1
Pirelli Belum Pecahkan Masalah Ban Basah
Mobil Kimi Raikkonen hancur karena menabrak pagar pembatas setelah mengalami masalah aquaplaning di F1 Brasil. XPB Images

Metrotvnews.com: Masalah yang dikeluhkan oleh hampir semua pembalap saat menggunakan ban basah Pirelli Cinturato di balap Formula One (F1) adalah grip yang kurang bagus. Kondisi ini melahirkan masalah aquaplaning saat mobil melindas genangan air. Padahal kondisi genangan air di trek tidak terlalu parah.

Menurut beberapa pembalap, performa ban basah yang ditawarkan Pirelli masih jauh dari ekspektasi para pembalap. Bahkan Kimi Raikkonen mengklaim bahwa performa ban basah saat Bridgestone dan Michelin masih jadi pemasok ban di F1, justru masih jauh lebih baik.

Akibat sulitnya menggunakan ban tipe basah dan masalah aquaplaning ini, membuat beberapa pembalap nekat menggunakan ban intermediate yang dirasakan punya grip lebih baik. Namun kelemahannya saat menggilas genangan air, pastinya potensi aquaplaning juga cukup besar.

"Kami ingin Pirelli memasok ban baru dan kami siap melakukan pengujian di sesi pra musim. Ini untuk membantu Pirelli mengembangkan ban basah yang lebih baik. Karena kami melihat masih ada ruang untuk melakukan riset lebih baik dalam kondisi balapan yang cukup ekstrim seperti di F1 Brasil tahun ini," ujar prinsipal tim Red Bull Racing, Christian Horner.

Horner juga berharap, dengan adanya regulasi baru yang membuat downforce lebih besar, maka kesempatan untuk membuat daya cengkeram ban ke permukaan aspal juga cukup besar. Apalagi lebar ban juga bertambah tahun depan.


(UDA)