F1 Abu Dhabi

Verstappen Siap Jiplak Strategi Anyar Hamilton

Ahmad Garuda    •    29 November 2016 09:11 WIB
f1 abu dhabi
Verstappen Siap Jiplak Strategi Anyar Hamilton
Max Verstappen terinspirasi strategi balap yang diterapkan Lewis Hamilton di F1 Abu Dhabi. XPB Images

Metrotvnews.com, Abu Dhabi: Ketika tim Mercedes GP sangat mengkhawatirkan strategi memperlambat kecepatan yang dilakukan Lewis Hamilton, tim Red Bull malah berseberangan. Uniknya, anggapan tim Red Bull Racing ini juga disepakati oleh Max Verstappen. Pembalap muda itu bahkan menyatakan siap menyontek trik Hamilton.

Menurutnya itu hal yang sah-sah saja ketika seorang pembalap sedang bertarung meraih titel juara dunia. Sangat berbeda jika pembalap tidak punya beban, dan menghalangi rekan setimnya meraih titel juara dunia.

"Saya rasa Hamillton ingin membuat kami semua maju lebih dekat ke rombongan terdepan. Anda juga patut mencoba hal ini jika sedang bertarung meraih titel juara dunia. Dalam hal balapan di F1 Abu Dhabi, trik ini harusnya cukup berhasil. Tapi sayang performa ban yang mulai drop, membuatku tak bisa mengejar lebih baik lagi," kata Verstappen.

Selain menegaskan tentang strategi balap yang diaplikasi Hamilton patut dicontoh, juga karena Ia menerapkan strategi sekali pit stop saja. Uniknya, strategi itu sukses membawanya ke posisi finish 4. Ia bisa tampil lebih baik ketimbang pembalap yang mengaplikasi dua kali pit stop.

"Saya harus mengalah di akhir balapan. Tapi kondisi ini membuat kami bangga karena sukses mengakhiri musim dengan jalan terbaik. Tentang senggolan di lap pertama yang membuatku harus ubah strategi pit stop, itu murni insiden dalam balapan."


(UDA)