Jelang F1 GP Hungaria

Sejumlah Hal Menarik Jelang GP Hungaria

Alfa Mandalika    •    25 Juli 2017 16:21 WIB
f1 2017
Sejumlah Hal Menarik Jelang GP Hungaria
Sirkuit Hungaroring. (Foto: Crash)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perhelatan F1 2017 akan berlangsung di GP Hungaria akhir pekan ini. Sejumlah pembalap sudah melakukan persiapan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Namun sebelum balapan dimulai, terdapat sejumlah fakta menarik jelang balapan berlangsung. Salah satunya mengenai fakta kemenangan Lewis Hamilton di Sirkuit Hungaroring.

Ya, pembalap asa Inggris itu menjadi pembalap yang paling banyak mengoleksi kemenangan di GP Hungaria. Total, dia sudah menorehkan lima kali juara.

Baca: Vinales Kecewa dengan Hasil Paruh Musim MotoGP 2017


Selain fakta di atas, berikut ini ada sejumlah hal menarik jelang GP Hungaria:

- Hamilton Berpeluang Juara Keenam Kalinya 
Hamilton punya peluang mengukir rekor di GP Hungaria. Ya, Hamilton sudah menjadi juara sebanyak lima kali pada 2007, 2009, 2012, 2013, dan 2016 di GP Hungaria. Kini, dia menatap gelar keenam sepanjang kariernya.

Berada di bawah Hamilton ialah Michael Schumacher. Eks pembalap F1 yang tengah menjalani perawatan akibat kecelakaan saat bermain ski ini, mengoleksi empat gelar juara di GP Hungaria.

Melihat kinerja Hamilton dalam beberapa balapan terakhir, kans Hamilton terbuka untuk menjadi juara. Saat balapan di GP Inggris minggu lalu, dia sukses menjadi juara. Lalu, dia juga berhasrat melewati Sebastian Vettel yang hanya terpaut satu poin.

- Red Bull Mencari Peluang Juara
Kinerja Red Bull musim ini tidak terlalu konsisten. Mereka terkadang tampil impresif, tetapi juga tak jarang performa mereka menurun.

Terakhir Daniel Ricciardo naik podium saat tampil di GP Austria. Ricciardo finis di posisi ketiga. Lalu, di GP Azerbaijan, pemabalap asal Australia itu sempat finis pertama. Sedangkan Max Verstappen terakhir kali naik podium di GP Tiongkok. Sisanya, Verstappen tak pernah naik podium lagi.

Kini, dengan mengandalkan sasis RB13, kedua pembalap Red Bull itu menatap positif balapan di Hungaria. Setidaknya, balapan akhir pekan nanti menjadi tolak ukur bagaimana kesiapan sasis yang mereka gunakan.

Baca: Robert Kubica Comeback ke F1?


- McLaren Menyimpan Asa
Sama seperti Red Bull, kubu McLaren juga diprediksi bakal berusaha mendapatkan poin. Sebab, dua pembalapnya Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne masih berada di papan bawah klasemen.

Mereka akan mengandalkan MCL32 yang menggunakan mesin Honda. Kekuatan mobil McLaren bisa terlihat saat melintasi trek lurus.

OIeh karena itu pada GP Hungaria akhir pekan nanti, kedua pembalap McLaren harus tampil semaksimal mungkin setidaknya bisa mendapatkan poin dan menjaga asa untuk naik ke papan tengah.

- Jolyon Palmer di Ujung Tanduk
Nasib Jolyon Palmer di Renault tengah mendapatkan sorotan. Ia disebut-sebut bisa digantikan oleh pembalap reli yang juga mantan pembalap F1, Robert Kubica.

Kabarnya, Kubica akan menguji mobil Renault di GP Hungaria. Bahkan, surat kabar asal Jerman, Bild memprediksi Kubica bisa mengganti posisi Palmer.

"Jika dia menunjukan kecepatan seperti di masa lalu, dia bisa saja menggantikan Jolyon Palmer dari Spa-Francorchamps setelah liburan musim panas," klaim surat kabar asal Jerman itu.

Jika Palmer gagal meraih poin di GP Hungaria, maka pintu keluar dari Renault bukan menjadi hal yang mustahil. Saat ini, Palmer belum mengemas poin. Sedangkan rekan setimnya Nico Hulkenberg berada di posisi 10 klasemen sementara pembalap. (Crash)

Video: Lagi, Chris Froome Pertahankan Gelar Juara Tour de France 2017
 


(ASM)