Mobil Formula 1 akan 'Ramah Sponsor'

Gregah Nurikhsani Estuning    •    22 Januari 2018 12:07 WIB
f1formula 1
Mobil Formula 1 akan Ramah Sponsor
Kimi Raikkonen menunggangi mobil Ferrari. (Foto: AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Jakarta: Tim-tim peserta Formula 1 sepakat untuk mengubah bagian body mobil balap (bodywork) tahun 2019 mendatang. Hal ini diupayakan agar ada ruang yang lebih baik untuk logo sponsor.

Dalam beberapa musim belakangan, sponsorship menjadi salah satu bahan perbincangan, terutama berkenaan dengan lekuk mobil. Sebab, tak semua logo atau desain sponsor bisa menyesuaikan dengan bentuk mobil F1.

Pekan lalu, Strategy Group melakukan pertemuan dengan lima tim F1. Bodywork menjadi salah satu menu utama dalam pertemuan tersebut, dan proposal yang diberikan kepada kelima tim F1 disetujui.

Bargeboards mobil (area tempat kaki pembalap) akan dibuat lebih rendah dari ukuran standar. Pihak Strategy Group F1 beralasan hal itu dilakukan agar penampilan sisi mobil dapat terlihat dengan lebih jelas, yang mana nantinya area ini bakal jadi 'lahan utama' sponsor.

Yang kedua adalah area yang berada di atas sayap belakang. Tahun 2019, wilayah tersebut bakal dikosongkan demi kepentingan logo sponsor tim. Sponsor individu pembalap diperbolehkan, namun masih harus ditinjau lagi sesuai logonya.

Klik: Tes Pramusim di Malaysia, Suzuki Undang Tiga Pembalap Superbike

Sama seperti rear wings, sayap depan juga masuk pertimbangan. Diharapkan setelah rancangan pembaharuan bodyworks selesai dibuat tim ahli, ada elemen-elemen tak esensial agar dikurangi.

Bulan November tahun lalu, tim McLaren sempat mengajukan keberatan dengan elemen 'sirip hiu' yang dirasa membuat penglihatan pembalap menjadi berkurang.

"Sirip tersebut memblok rear wings karena terlalu tinggi. Yang kami inginkan adalah sirip tenaga yang berada di rear wings. Kalau Anda lihat di televisi, hal kedua yang paling mencolok adalah rear wings," kata Zak Brown, petinggi McLaren dikutip dari Autosport.

Musim ini, tak akan ada lagi sirip yang menjadi keberatan McLaren dan mungkin tim-tim lainnya. Meski sempat dibicarakan lagi di proposal untuk musim 2019, Strategy Group F1 memastikan elemen sirip tak bakal digunakan.

Video: Nadal Tembus Perempat Final Australia Terbuka 2018
 


(ASM)