Jelang F1GP Australia

Hamilton Ukir Rekor Baru di Sesi Kualifikasi

Kautsar Halim    •    24 Maret 2018 19:25 WIB
F1 2018
Hamilton Ukir Rekor Baru di Sesi Kualifikasi
Lewis Hamilton. (AFP PHOTO / GLENN NICHOLLS)

Melbourne: Prestasi Lewis Hamilton sebagai pembalap F1 seakan tidak ada habisnya. Terkini, ia mampu mengukir sejarah baru sebagai pembalap tercepat dan paling banyak meraih pole pole position di F1GP Australia.

Rekor tersebut diraih Hamilton lewat sesi kualifikasi GP Australia yang berlangsung di Sirkuit Grand Prix Melbourne, Sabtu 24 Maret. Saat itu, Hamilton menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 21.164 detik.


Klik: Sepasang Gol Fernando Ortega Selamatkan Mitra Kukar dari Kekalahan


Torehan itu sudah sangat baik karena rekor sebelumnya yang juga diukir Hamilton berada di angka 1 menit 44.231 detik. Dengan begitu artinya, Hamilton sudah tujuh kali pole position di Australia dan melewat pencapaian pembalap legendaris, Ayrton  Senna.

Duo pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen, sempat berusaha menggagalkan upaya Hamilton untuk memecahkan rekor tersebut. Namun keduanya gagal dan harus terima berada di urutan dua dan tiga.


Klik: Pedrosa Gagal Lebih Baik karena Kondisi Ban


Tren positif Hamilton memang sudah terlihat sebelum sesi kualifikasi bergulir. Pasalnya, dia juga sukses mendominasi sesi latihan bebas pertama (FP1) dan kedua (FP2). Saat itu, Ferrari juga tetap menempel ketat.

Valtteri Bottas sebagai sesama pembalap Mercedes tidak mampu mengikuti kecepatan Hamilton. Ia malah harus memulai start dari urutan ke-10 karena mobilnya menabrak trotoar pada akhir sesi kualifikasi. (crash)

 


(KAU)