Mobil Hamilton Terbakar

Mercedes Menemukan Penyebab Mobil Hamilton Terbakar

A. Firdaus    •    06 Oktober 2016 14:44 WIB
f1 2016
Mercedes Menemukan Penyebab Mobil Hamilton Terbakar
Lewis Hamilton meratapi mobil Mercedes yang dikendarainya terbakar (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Suzuka: Mercedes akhirnya menemukan penyebab mesin F1 W07 Hybrid yang dikendarai Lewis Hamilton terbakar. Demi mencari penyebab tersebut, Mercedes membawa mesin mobil yang terbakar ke markas mereka.

Hamilton harus gigit jari ketika harus mengakhiri balapan lebih cepat di sirkuit Sepang Grand Prix Malaysia akhir pekan lalu. Saat memimpin lomba, mobil mesinnya terbakar dan mengeluarkan asap. Gara-gara kejadian itu, ia harus menghentikan lomba pada 15 lap tersisa. Pembalap Inggris tersebut sempat berdalih ada sabotase yang ingin menggagalkannya menjadi juara dunia F1 tahun ini.

Mercedes telah mencari jawaban mengenai masalah yang menimpa mobil Hamilton. Mereka bahkan telah mengirim mesin tersebut ke Birxworth untuk dianalisis. Hasilnya, mesin tersebut mengalami kerusakan di bagian big end bearing, yakni komponen yang berfungsi menyangga crankshaft atau alat yang mengubah gerakan piston.

Baca: Mercedes Maklumi Kemarahan Lewis Hamilton


"Analisis kami menunjukkan bahwa mesin Lewis 'mengalami kegagalan big-end bearing. Hal ini terjadi tanpa peringatan setelah mobil melaju hingga 618 kilometer. Kejadian diawali oleh tekanan yang hilang pada tikungan ke-15," demikian pernyataan Mercedes.

Agar insiden yang menimpa Hamilton tidak terulang, Mercedes akan mengadopsi strategi konservatif pada gelaran GP Jepang di sirkuit Suzuka akhir pekan ini.




"Kami akan memperkenalkan parameter mesin revisi untuk semua mesin Mercedes akhir pekan ini," lanjut pernyataan Mercedes.

Saat ini, Hamilton masih di bawah Nico Rosberg dengan selisih 23 poin. Hamilton  punya peluang untuk merangsek ke posisi pertama karena balapan musim ini masih menyisakan lima seri lagi.  (BT Sport)

Video: Review Grand Prix Malaysia
 


(HIL)