Sanksi Lebih Berat Menanti Vettel Terkait Insiden dengan Hamilton

Rendy Renuki H    •    29 Juni 2017 09:38 WIB
f1 2017
Sanksi Lebih Berat Menanti Vettel Terkait Insiden dengan Hamilton
Sebastian Vettel (AFP PHOTO / ANDREJ ISAKOVIC)

Metrotvnews.com, London: Sanksi yang lebih berat siap menanti Sebastian Vettel terkait insiden dengan Lewis Hamilton pada Grand Prix Formula 1 Azerbaijan, Minggu 25 Juni lalu. Pembalap Ferrari itu berisiko dijatuhi sanksi lebih berat usai Federasi Balap Internasional (FIA) melakukan investigasi ulang tabrakan Vettel dengan Hamilton.

Saat ini, Vettel telah menerima hukuman penalti 10 detik setelah ia menabrak bagian belakang mobil Hamilton. Namun, FIA mengatakan pihaknya akan kembali melihat bukti lain pada Senin 3 Juli mendatang dan hasil investigasi tersebut akan diumumkan sebelum GP F1 Australia, 7-9 Juli mendatang.

"FIA akan memeriksa lebih lanjut penyebab insiden tersebut untuk dapat mengevaluasi apakah tindakan lebih lanjut perlu dilakukan," bunyi pernyataan resmi FIA.

(Baca: Vettel Minta Hamilton Dewasa saat Balapan)


Vettel dianggap sengaja menabrakkan mobilnya ke arah Hamilton saat terlibat insiden pada lap ke-20 di Sirkuit Baku. Saat itu, Hamilton terlihat memperlambat laju mobilnya usai melahap tikungan yang membuat Vettel menyundul bagian belakang pembalap Mercedes tersebut. Tak terima dengan kejadian itu, Vettel lantas bergerak ke samping kiri mobil Hamilton sembari memprotes tindakan tersebut. Sayang, mobil Vettel tampak sengaja menabrak Hamilton yang membuatnya terkena pelanti 'stop and go' di pit stop selama 10 detik.

Usai balap, Vettel sempat membantah jika sengaja menabrak Hamilton. "Saya tidak mungkin menabrak secara sengaja, pastinya itu bukan langkah yang tepat," ujar pembalap Jerman tersebut.

Penalti 10 detik yang didapatnya membuat Vettel gagal naik podium di Azerbaijan. Vettel hanya finis di urutan keempat, sementara Hamilton menyusul di posisi kelima. (Antara/Reuters)

Video: Pacman Siap Rematch dengan Mayweather
 


(REN)