Renault Sabar Menanti Lulusan Akademi

Gregah Nurikhsani Estuning    •    24 Januari 2018 11:20 WIB
Renault Sabar Menanti Lulusan Akademi
Para pembalap akademi Renault di 2017 GP3 Series Round 3. (Foto: gp3series.com)

Boulogne-Billancourt: Direktur Renault Sport F1, Cyril Abiteboul meminta semua orang untuk lebih bersabar menunggu pembalap dari akademinya.

Sudah bertahun-tahun belum ada pembalap yang berasal dari akademi Renault. Padahal, berulang kali mereka mengatakan berkomitmen menggunakan lulusan akademi sebagai pembalap Renault.

Sejak mengambil alih tim Lotus F1, Renault tak terlihat bakal mempromosikan jebolan akademinya sebagai pembalap utama dalam waktu dekat. Alih-alih, mereka justru menggunakan Carlos Sainz Jr dari Red Bull dengan status pinjaman, serta Nico Hulkenberg, dari Force India, juga pinjaman.

Sergey Sirotkin and Robert Kubica adalah bagian vital Renault pada 2017. Sirotkin berperan sebagai pembalap F1 development tahun lalu, sedangkan Kubica menjadi pembalap tes dan cadangan, keduanya kini pindah ke tim Williams.

Ketika komitmen Renault kembali dipertanyakan, Abiteboul mengklaim semua sudah sesuai dengan jalur yang diinginkan, termasuk rebranding Renault Sport Acaemy. Namun, ia meminta semua pihak untuk sabar menunggu.

Klik: Lorenzo Ingin Ducati Mengikuti Arahannya

"Jujur saja, sangat mudah buat saya mengatakan kami puas dengan apa yang telah kami raih sejauh ini, karena memang begitu adanya," kata Abiteboul dinukil dari laman Crash.

"Semuanya memakan waktu. Saya tahu semua orang mengharapkan hasil yang cepat. Mereka (akademisi Renault Sport Acaemy) baru berusia 16 tahun yang termuda. Wajar jika memakan waktu," sambungnya.

Pembalap Inggris Jack Aitken dianggap sebagai 'senior' Renault di akademi. Performa impresifnya di Formula 2 membuat dirinya digadang-gadang bakal menjadi pembalap andal Formula 1 di masa-masa mendatang.

Aitken menguji Renault F1 2012-specification pada September lalu sebagai hadiah atas kemajuannya dan tahun lalu selesai sebagai runner-up seri GP3. Ia berada di belakang Geroge Russell dari Mercedes.

Video: Jokowi Puji Perubahan Istora Usai Renovasi
 
(ASM)