F1 Abu Dhabi

Wolff Ungkap Alasan Mengintervensi Duel Rosberg VS Hamilton

Ahmad Garuda    •    28 November 2016 12:27 WIB
f1 abu dhabi
Wolff Ungkap Alasan Mengintervensi Duel Rosberg VS Hamilton
Ini alasan Toto Wolff mengintervensi duel antara Nico Rsberg dan Lewis Hamilton. XPB Images

Metrotvnews.com, Abu Dhabi: Puncak balapan Formula One (F1) yang akhirnya dimenangi oleh Lews Hamilton, ternyata tak mampu menyingkirkan Nico Rosberg sebagai peraih titel juara dunia 2016. Sayangnya strategi balap Hamilton justru dikritik oleh timnya sendri.

Tak ingin spekulasi tersebut berkembang jadi liar, prinsipal tim Mercedes GP, Toto Wolff menjelaskan alasannya melakukan intervensi kepada Hamilton yang sedang memimpin jalannya balapan. Tim Mercedes GP menyuruhnya menambah kecepatan ketika Ia melambat. Tujuan Hamilton adalah agar Sebastian Vettel dan Max Verstappen menyusul dengan cepat. Tapi itu juga tak terjadi.

"Kami ini adalah sebuah perusahaan dan sebuah tim besar. Prinsipal utama kami dalam tiga tahun terakhir tak peduli apakah itu balapan di seri pertama atau seri terakhir. Mereka ingin agar kami memastikan posisi tim dan pembalap meraih kemenangan atas tim lain. Bukan karena ada maksud dan tujuan lainnya sehingga kami melakukan itu," jelas Wolff.

Pria dengan postur jangkung itu menegaskan bahwa Ia berada dalam dua kondisi yang semuanya harus diakomodir. Ia sebagai perantara prinsipal Mercedes-Benz ke tim ini, harus memastikan kemenangan pembalapnya. Lalu dari sisi bos pembalap, Ia pastinya ingin kedua pembalapnya tampil dengan performa maksimal.

"Itulah yang menjadi dasar terbesar kami mengambil keputusan tersebut, bukan karena pro ke Rosberg atau siapa pun dalam tim ini. Anda patut mengerti, di belakangku banyak kepentungan lain. Bukan sekadar memberikan kesempatan kepada pembalap untuk menerapkan strategi masing-masing untuk meraih kemenangan."


(UDA)