F1 GP Jepang

Tampil Sempurna, Nico Rosberg Juara GP Jepang

Krisna Octavianus    •    09 Oktober 2016 13:55 WIB
f1 2016
Tampil Sempurna, Nico Rosberg Juara GP Jepang
Nico Rosberg saat juara di GP Jepang (Foto: BEHROUZ MEHRI / AFP)

Metrotvnews.com, Suzuka: Nico Rosberg berhasil menjadi juara Formula One (F1) GP Jepang, Minggu 9 Oktober. Ini menjadi kemenangan kesembilan bagi pembalap asal Jerman itu dan mendekatkannya untuk gelar sebagai juara dunia F1.

Rosberg yang tampil gemilang sejak latihan bebas pertama berhasil menyempurnakan kiprahnya di GP Jepang dengan gelar juara. Ia yang start dari posisi pertama berhasil tampil gemilang sejak lap pertama dan mempertahankan keunggulan. Ia mencatatkan waktu 1 jam 26 menit 43,333 detik.

Sementara itu, posisi kedua diambil oleh pembalap muda Red Bull Racing, Max Verstappen. Ia yang start dari posisi ketiga berhasil menyodok sejak lap pertama dan konsisten untuk finis di posisi kedua di depan juara dunia, Lewis Hamilton.

Di sisi lain, Hamilton finis di posisi ketiga. Bukan hasil yang baik bagi dirinya karena ia mendapat posisi start dua di belakang Rosberg. Akan tetapi, start buruk yang membuat ia sempat tercecer di posisi kedelapan membuat ia hanya bisa memaksa finis di posisi ketiga.

Sedangkan, Ferrari yang sejak awal banyak dijagokan banyak pihak untuk meraih podium justru kedua pembalapnya gagal naik ke podium. Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen hanya finis di posisi keempat dan kelima secara berturut-turut.

Kemenangan di GP Jepang ini membuat Rosberg unggul 33 poin dari Hamilton di klasemen pembalap. Peluang Rosberg untuk menjadi juara dunia semakin dekat asal ia konsisten untuk empat balapan selanjutnya.

Selain itu, tim Mercedes juga memastikan tampil sebagai juara dunia konstruktor di F1 musim ini. Poin tim Mercedes sudah tak dapat dikejar oleh tim Red Bull Racing sisa musim ini.

Berikut hasil lengkap GP Jepang:


(Sumber: Autosport)

 


(KRS)