Jelang F1 2018

Profil Tim F1 2018: Ferrari

Riyan Ferdianto    •    23 Maret 2018 12:44 WIB
F1 2018
Profil Tim F1 2018: Ferrari
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel. (Foto: AFP/Paul Crock)

Jakarta: Gelaran F1 2018 akan bergulir pada 25 Maret di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Australia. Scuderia Ferrari sebagai tim yang finis peringkat kedua musim lalu difavoritkan merebut gelar juara musim ini.

Ferrari melakukan persiapan serius untuk dapat menyaingi dominasi Mercedes dan kembali merebut gelar juara dunia F1. Baru-baru ini, tim asal Italia itu baru merilis mobil baru dengan nama SF71H.

Ada beberapa perubahan mencolok dari mobil baru Ferrari. Salah satu yang paling mencolok adalah warna baru mobil Ferrari yang menjadi ‘merah gelap’ dibandingkan mobil Ferrari musim sebelumnya. Hal ini berkaitan erat dengan keluarnya Santander sebagai sponsor utama mereka.

Formasi pembalap musim ini tidak mengalami perubahan. Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen masih diberikan tanggung jawab utama untuk membawa Ferrari meraih gelar juara. 

Baca: Profil Tim F1 2018: Renault


Kehadiran mobil SF71H juga diharapkan akan menjadi motivasi untuk kedua pembalap Ferrari untuk meraih gelar juara Formula 1 2018.

Baca: Profil Tim F1 2018: Force India


Profil Tim Scuderia Ferrari
Ferrari adalah salah satu tim raksasa di F1. Sebab, mereka telah memenangkan banyak prestasi dalam ajang balap mobil yang paling bergengsi di dunia itu. Total ada 16 gelar yang sudah mereka raih.

Namun, sinar Ferrari di F1 sedikit meredup dalam tiga musim terakhir. Mereka kalah bersaing dengan Mercedes dalam periode tersebut. 

Salah satu contoh adalah pada musim 2017. Mereka harus kalah dari Mercedes dan harus puas menempati peringkat kedua di klasemen konstruktor dengan mengoleksi 317 poin pada musim itu.

Meski demikian, hasil itu tidak membuat Ferrari mengubah komposisi pembalap pada musim ini. Mereka tetap mengandalkan Vettel dan Raikkonen di balik kemudi.

Profil Pembalap: Sebastian Vettel
Vettel bergabung dengan Ferrari pada 2009. Sejauh ini, ia sudah meraih empat gelar di F1 (2010, 2011, 2012, 2013). Prestasi ini membuatnya dijadikan pembalap utama Ferrari.

Gelar juara pertama kali diraih saat bersama tim Red Bull Racing pada musim 2010.  Gelar menjadi yang tercepat di ajang F1 terus ia dapat selama tiga tahun kemudian. Setelah membela tim Scuderia Ferrari mulai 2014, pencapaian terbaik pebalap berkebangsaan Jerman ini baru didapat pada 2017 dengan meraih posisi kedua. 

Profil Pembalap: Kimi Raikkonen
Raikkonen sudah berusia 37 tahun. Meski sudah tidak muda, Raikkonen masih mendapat kepercayaan dari Ferrari. Kemampuan Raikkonen memang masih terbilang impresif. Terbaru, Raikkonen sukses finis di peringkat keempat pada musim F1 2017.

Raikkonen kembali menunjukkan tetap layak diperhitungkan usai tampil oke selama melakoni sesi tes pramusim di Barcelona. Raikkonen menjadi yang tercepat dalam uji coba pramusim terakhir yang berlangsung di Sirkuit Catalonia, Jumat 9 Maret. Juara dunia F1 2007 itu mencatatkan waktu 1 menit 17,221 detik.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Peran Pelatih Fisik Bagi Pembalap


(ASM)