Jelang F1 GP Rusia

5 Hal yang Patut Diketahui Jelang F1 GP Rusia

Kautsar Halim    •    27 April 2017 22:40 WIB
f1 2017
5 Hal yang Patut Diketahui Jelang F1 GP Rusia
Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel. ( AFP PHOTO / ANDREJ ISAKOVIC)

Metrotvnews.com, Jakarta: Akhir pekan ini bakal menjadi hari yang sakral bagi para pembalap F1. Pasalnya, seri ketiga F1 GP akan dihelat di Sirkuit Sochi Autodrom, Rusia, pada Minggu 30 April mendatang.

GP Rusia selalu menarik dinanti karena berlangsung di bawah iklim ekstrim dan memiliki desain sirkuit yang menantang. Keahlian mengemudi saja tidak cukup apabila tidak diimbangi kemampuan membaca kondisi lintasan.


Klik: Bouchard Mengkritik Comeback-nya Sharapova


Perhelatan GP Rusia akhir pekan nanti terbilang bakal lebih mudah karena Nico Rosberg yang berstatus sebagai juara bertahan musim lalu memutuskan pensiun. Meski begitu, persaingan Sebastian Vettel dengan Lewis Hamilton malah semakin memanas.

Berikut lima hal lainnya yang patut diketahui jelang GP Rusia 2017:

1. Duel Mercedes vs Ferrari
Sampai dengan bergulirnya tiga seri F1 GP 2017, belum ada tim yang mendominasi klasemen konstruktor. Bahkan, Mercedes yang merajai GP F1 beberapa tahun belakangan ini harus berada di urutan kedua karena berselisih tiga poin dengan Ferrari.

Tidak jauh berbeda dengan klasemen sementara para pembalap, Sebastian Vettel yang merupakan pembalap Ferrari juga sedang ditempel ketat jagoan Mercedes, Lewis Hamilton. Keduanya hanya berselisih tujuh poin setelah melakoni tiga seri GP 2017.

2. McLaren-Honda Masih Sulit Bersaing
Kemungkinan besar tim Mclaren-Honda masih belum bisa memberikan perlawanan terbaik di GP Rusia. Pasalnya, power unit baru mereka masih belum tersedia hingga kini.
Selain itu, Fernando Alonso yang merupakan pembalap andalan mereka sedang membagi konsentrasi untuk  penampilan perdananya di ajang Indianapolis 500 pada awal Mei mendatang.

3. Palmer, Ericsson dan Stroll Perlu Tren Positif
Jolyon Palmer, Marcus Ericsson, dan Lance Stroll wajib memberikan progres positif lewat GP Rusia. Itu perlu mereka lakukan agar bisa dipercaya timnya masing-masing di sisa musim ini.

Palmer, Ericsson dan Stroll masih kesulitan merangkak dari papan bawah dalam tiga seri belakangan ini. Kendala mereka diketahui bukan karena persoalan mesin karena masing-masing rekan setim mereka mampu berprestasi lebih baik.

Palmer kalah bersaing dengan Hulkenberg di tim Renault, Ericsson tidak lebih baik ketimbang Pascal Wehrlein di tim Sauber Ferrari, sedangkan Lance Stroll yang tergabung bersama tim Williams selalu gagal finis dalam tiga seri belakangan ini. Rekan setim Stroll, Felipe Massa, malah bisa bertengger di urutan 10 besar sementara ini.

4. Penampilan Esteban Ocon Wajib Dinanti
Esteban Ocon memang baru direkrut oleh Force India Mercedes pada musim ini. Namun, performanya terbilang luar biasa bagi seorang pembalap berusia 22 tahun. Ia mampu membuktikan kualitasnya dengan finis di urutan 10 dalam tiga seri belakangan ini. Performanya di GP Rusia pasti sudah ditunggu-tunggu penikmat jet darat.

5. Kelanjutan Nasib GP Rusia Terancam
Presiden Rusia Vladimir Putin dan mantan bos F1 Bernie Ecclestone punya foto tenar ketika saling berjabat tangan pada 2014 silam. Tidak lama setelah foto itu tersebar, GP Rusia akhirnya bisa terselenggara untuk pertama kali dan punya kontrak kerjasama hingga 2019.

Namun, Ecclestone sudah lengser dari jabatannya dan digantikan salah satu pebisnis media Amerika Serikat, Chase Carey sejak awal 2017. Kondisi ini diprediksi bakal mempersulit kelanjutan kerjasama karena Rusia dikenal punya hubungan politik yang kurang baik dengan Amerika Serikat.

 


(ACF)