GP F1 Singapura

Juara GP Singapura, Rosberg Kembali ke Puncak Klasemen

Patrick Pinaria    •    18 September 2016 22:01 WIB
f1 2016
Juara GP Singapura, Rosberg Kembali ke Puncak Klasemen
Nico Rosberg (Foto: AFP/Mohd Rasfan)

Metrotvnews.com, Singapura: Pembalap Mercedes Nico Rosberg sukses merebut puncak klasemen dari rekan setimnya, Lewis Hamilton. Torehan itu didapat setelah ia memenangkan GP Singapura, Minggu 18 September malam hari WIB.

Rosberg berhasil finis di posisi pertama dengan mencatatkan waktu 1 jam 55 menit 48,950 detik. Ia unggul 0,400 detik dari pembalap Red Bulls Daniel Ricciardo finis di peringkat kedua. Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh Hamilton.

Mengawali balapan, Rosberg memang sudah memperlihatkan laju meyakinkan. Ia sukses melaju mulus di depan. Bahkan, ia mampu memperlebar jarak sebanyak 2 detik dari pembalap di belakangnya, Daniel Riciardo pada lap keempat.

Namun, nasib buruk justru didapat pembalap Force India, Nico Hulkenberg. Ia harus mengalami tabrakan tembok pada lap pertama sehingga membuat mobilnya hancur. Itu terjadi setelah mobilnya dihimpit oleh dua pembalap Toro Rosso

Laju impresif berhasil ditunjukkan pembalap Ferrari Sebastian Vettel. Ia mampu melesat ke posisi 15 pada lap keenam setelah mengawali balapan di posisi buncit. Ketika itu, ia sukses melewati Pascal Wehrlein pada tikungan pertama.

Pertarungan seru kembali terjadi pada lap kedelapan. Ketika itu, Fernando Alonso dan Daniil Kvyat sedang melakukan perebutan posisi kelima.

Memasuki lap kesepuluh, posisi terdepan masih dipegang oleh Rosberg. Ia sempat diduga mengalami masalah rem pada mobilnya. Akan tetapi, Rosberg justru menghiraukan isu tersebut dan mampu melaju mulus di depan. 

Ricciardo pun tak mau kalah. Ia mencoba terus mengejar Rosberg di posisi kedua. Akan tetapi, mereka memiliki jarak yang cukup jauh. Sementara itu, Ricciardo diikuti oleh Hamilton.

Balapan semakin berjalan menarik ketika memasuki lap ke-26. Pembalap Ferrari Kimi Raikkonen mencoba mendekati Hamilton untuk merebut posisi ketiga.

Posisi ketiga akhirnya berhasil didapat Raikkonen pada lap ke-34. Ia sukses menyalip posisi Hamilton. 

Sementara itu, Rosberg semakin nyaman di posisi pertama. Bahkan, ia sukses memperlebar jarak 4,3 detik dari posisi kedua Ricciardo pada lap ke-43. Tetapi, pada lap ke-51, Ricciardo mencoba untuk memperkecil jarak dengan Rosberg menjadi 3 detik. 

Pertarungan semakin memanas setelah memasuki lap akhir. Ricciardo dan Rosberg tinggal berjarak dua detik. Tetapi, Ricciardo tak lagi mampu memperkecil waktu sehingga Rosberg berhasil finis di posisi terdepan sekaligus memastikan juara GP Singapura.

Ricciardo harus puas finis di peringkat kedua. Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh Hamilton.

Dengan hasil ini, Rosberg berhasil naik ke puncak klasemen dengan mengoleksi 273 poin, menyalip posisi Hamilton. Rosberg unggul delapan poin dari Hamilton.


Berikut hasil lengkap GP Singapura, Minggu 18 September:





(PAT)

Atlet Kaltim Raih Emas Angkat Berat 47 Kg Putri

Atlet Kaltim Raih Emas Angkat Berat 47 Kg Putri

1 hour Ago

Metrotvnews.com, Bandung: Atlet angkat berat Kaltim Widari berhasil meraih medali emas kelas 47…

BERITA LAINNYA