F1 GP Azerbaijan

Hamilton dan Vettel Terlibat Insiden, Ricciardo Juara GP Azerbaijan

Patrick Pinaria    •    25 Juni 2017 23:32 WIB
f1 2017
Hamilton dan Vettel Terlibat Insiden, Ricciardo Juara GP Azerbaijan
Daniel Ricciardo (Foto: AFP/Andrej Isakovic)

Metrotvnews.com, Baku: Balapan GP Azerbaijan berhasil dimenangkan pembalap Red Bull Daniel Ricciardo. Pembalap asal Australia tersebut berhasil finis di urutan pertama, mengalahkan Valtteri Bottas.

Bukan hal mudah bagi Ricciardo bisa meraih kemenangan tersebut. Sebab, ia harus berada di posisi kesepuluh pada awal balapan yang digelar di Sirkuit Baku, Minggu 25 Juni.

Sementara itu, posisi pertama ditempati oleh Lewis Hamilton yang berhasil didapat setelah memenangkan kualifikasi pada Sabtu 24 Juni. Di belakang Hamilton, ada Valtteri Bottas dan Kimi Raikkonen siap membuntuti dari posisi kedua dan ketiga.

Mengawali balapan, Hamilton mampu melaju dengan mulus di posisi terdepan. Langkahnya semakin mulus setelah dua pesaingnya, Bottas dan Raikkonen bersenggolan di awal balapan.

Baca: Kalahkan Petrucci dan Marquez, Rossi Juara MotoGP Belanda

Senggolan tersebut lantas membuat mobil Bottas mengalami masalah pada hidung mobil. Ia pun harus mengganti hidung saat itu.

Insiden tersebut lantas dimanfaatkan Sebastian Vettel. Pembalap asal Jerman itu langsung menembus posisi kedua dan membayangi Hamilton di posisi terdepan.

Insiden kembali terjadi ketika memasuki lap kedelapan. Ketika itu, Jolyon Palmer harus mengalami kerusakan pada mesin mobilnya sehingga ia tidak bisa melanjutkan balapan.

Hamilton semakin mantap melaju di posisi terdepan pada putaran kesepuluh. Ia mampu unggul tiga detik dari Vettel.

Satu pembalap lagi harus menyudahi perjuangannya yakni Max Verstappen. Ia harus berhenti di lap ke-12 karena mengalami kerusakan mobil. 

Pada lap yang sama, mobil Daniil Kvyat juga mengalami masalah.  Saat itu pula, para pembalap memanfaatkan kesempatan untuk masuk ke pit untuk mengganti ban. 

Hamilton terus menunjukkan laju yang apik dan mampu mempertahankan posisi terdepan. Sementara itu, Vettel harus bersaing dengan Sergio Perez.

Pada lap ke-17, mobil pengaman masuk. Mereka mencoba untuk mengevakuasi sirkuit setelah diketahui terdapat serpihan mobil Raikkonen usai bertabrakan dengan Bottas, terbang di lintasan.

Situasi balapan semakin panas. Itu terjadi setelah Hamilton dan Vettel bertabrakan di tikungan ke-16 pada lap ke-19, tepatnya saat masih terdapat safety car.

Tabrakan tersebut kembali membuat jalannya balapan terganggu karena puing-puing hasil tabrakan itu berterbangan di lintasan. Melihat insiden ini, para panitia mencoba mengibarkan bendera merah untuk menghentikan balapan sementara. Keputusan itu diambil karena mereka ingin memeriksa insiden tersebut.

Baca: Komentar Rossi Usai Akhiri Puasa Kemenangan

Balapan kemudian dilanjutkan setelah 23 menit penundaan berlangsung. Hamilton kembali memimpin balapan. Namun, ia memutuskan kembali ke pit pada lap ke-29 karena mengalami masalah pada mobilnya.

Sementara itu, nasib nahas juga didapat Vettel. Ia dikenakan penalti selama 10 detik karena senggolan yang ia lakukan kepada Hamilton.

Hamilton dan Vettel kembali masuk lintasan. Pada lap ke-36, mereka berhasil melewati Fernando Alonso. Keduanya semakin melaju kencang dan merangsek ke posisi keempat dan kelima pada putaran ke-43 setelah melewati Sebastian Ocon.

Sementara itu, Ricciardo masih melaju mulus di posisi terdepan. Ia pun berhasil mempertahankan posisi tersebut hingga akhir balapan. Kemudian, ia diikuti Bottas yang finis di posisi kedua.

Kemenangan di GP Azerbaijan terasa cukup istimewa bagi Ricciardo. Sebab, ini merupakan kemenangan pertamanya pada F1 2017.


Berikut hasil lengkap balapan GP Azerbaijan:




Video: Zidane Terus Pantau Nasib Donnarumma di AC Milan

 


(PAT)