Tes Formula 1

Mercedes Dukung Pirelli Bikin Tes Khusus di Bahrain

Ahmad Garuda    •    14 Oktober 2016 16:49 WIB
tes formula1
Mercedes Dukung Pirelli Bikin Tes Khusus di Bahrain
Mercedes GP dukung Pirelli gelar tes ban di Bahrain. Pirelli

Metrotvnews.com, Jerman: Christian Horner cukup keras mengkritik permintaan Pirellii agar tim-tim F1 mau ikut melakukan tes ban 2017 di Bahrain di awal 2017 nanti. Kondisi sebaliknya justru ditunjukkan oleh Toto Wolff. Prinsipal tim Mercedes GP itu menganggap bahwa sudah seharusnya tim balap di F1 mendukung pelaksanaan sesi tes di Bahrain tahun depan itu.

Permintaan untuk melakukan tes di sana tak terlepas dari kondisi cuaca yang dingin hampir di semua negara. Sementara di Bahrain kondisinya cukup panas dan memungkinkan Pirellii bisa cepat dapat data terbaik yang bisa mereka aplikasikan sebelum memasok ban baru ke tim-tim balap tersebut.

Masalahnya adalah biaya sesi tes ini cukup tinggi, terutama dalam hal transportasi logistik. Horner mengungkapkan bahwa biayanya bisa mencapai di atas GBP300 ribu atau sekitar Rp4 miliar. Ia juga menegaskan bahwa ini hanya akan membawa keuntungan bagi Pirellii.

"Saya mengerti kalau ada tim yang tak sepakat dengan apa yang Pirelli inginkan. Ya alasannya tak lain adalah biaya yang tinggi untuk logistik. Tapi Pirelli adalah pemasok ban di balap ini. Sudah tugas mereka melakukan sesi tes yang dirasakan bisa membuat balap ini tetap menarik," klaim Toto.

Hal lain yang membuat Toto wolf angkat bicara adalah risiko besar jika mereka tetap memaksa melakukan sesi tes di Catalunya pada Februari 2017. Menurutnya itu adalah kondisi yang tak mungkin melakukan apapun di sirkuit.

"Kondisi di sana terlalu berisiko tinggi. Bahkan bisa dikatakan ini adalah kondisi yang tak bisa melakukan apa pun. Di pagi hari akan membeku, siang hari pun masih terlalu dingin untuk menggunakan ban tipe basah. Jika Anda mengatakan Pirelli harus memasok ban yang punya kualitas sesuai ekspektasi, maka kita harus mendukung mereka," lanjutnya.

Hal lain yang menjadi solusinya adalah Ia lebih menyarankan untuk mendiskusikan pencarian dana yang terlalu tinggi tersebut. Mengingat ini adalah bagian dari FIA, maka penting rasanya mereka dilibatkan dalam hal ini. Jadi beban biaya ini bisa ditanggung bersama.


(UDA)