Felipe Massa Pensiun

Salam Perpisahan Felipe Massa

Alfa Mandalika    •    27 November 2017 11:22 WIB
f1 abu dhabif1 2017
Salam Perpisahan Felipe Massa
Felipe Massa. (Foto: AFP/Nelson Almeida)

Abu Dhabi: Balapan F1 GP Abu Dhabi menjadi ajang terakhir di pentas F1 bagi pembalap Williams Felipe Massa. Sang pembalap memutuskan mundur dari dunia yang membesarkan namanya.

Massa sedianya sudah mundur dari F1 pada akhir musim 2016. Akan tetapi, setelah Valtteri Bottas hijrah ke Mercedes, Massa dibujuk kembali memperkuat Williams. Dia pun setuju dengan menjalani satu musim balapan.

Pada balapan di Abu Dhabi, Massa finis di posisi ke-10. Total, pembalap asal Brasil itu mengumpulkan 43 poin dan duduk di posisi 11.

"Sungguh menyenangkan berada di sini (F1) selama 16 tahun. Saya sangat beruntung telah melewati semua ini dalam waktu yang lama, berlomba melawan tim hebat dan menghadapi pembalap terbaik di dunia," kata Massa seperti disadur Crash, Senin 27 November 2017.

Baca: Bottas Juara GP Abu Dhabi, Hamilton Posisi Kedua


"Jadi, terima kasih untuk semua dukungan kalian. Buat keluarga saya, saya sangat beruntung memiliki kalian untuk melewati semua tantangan yang sangat menyenangkan," sambungnya.

Mantan engineer Massa, Rob Smedley mengungkapkan ini adalah waktu yang tepat bagi Massa untuk berhenti dari F1. "Saat ini adalah waktu yang tepat bagi Massa. Saat ini, mobil yang ia kendarai tidak berada dalam performa terbaik. Saya tidak yakin dia (Massa) akan mendapatkan banyak poin ketika mengendarai mobil itu," ujar Smedley.

Massa memulai karier sebagai pembalap F1 sejak 2002. Ketika itu, ia membela Tim Sauber. Lalu, dia menikmati waktu yang panjang bersama Tim Ferrari selama tujuh musim sejak 2006. Tiga tahun terakhir, dia memutuskan untuk membela Williams.

Baca: Russian Times Juara Tim F2 2017, Pertamina Arden Finis di Posisi 7


Prestasi terbaik Massa terjadi pada 2007 saat membela Ferrari. Ketika itu, ia finis di peringkat ketiga pada akhir musim. Berdasarkan data yang dihimpun, Massa sudah 11 kali memenangi balapan, 41 kali naik podium, 16 kali pole, dan meraup total 1167 poin sepanjang balapan di F1. (Crash)

Video: Valtteri Bottas Menangi GP Abu Dhabi


(ASM)