F1 2017

Halo Terus Jadi Pro-Kontra di F1

Rendy Renuki H    •    24 Oktober 2017 14:48 WIB
f1 2017
Halo Terus Jadi Pro-Kontra di F1
Mobil Kimi Raikkonen yang sempat dipakaikan Halo (AFP PHOTO / Miguel SCHINCARIOL)

Metrotvnews.com, Austin: Sistem pelingdung kokpit (Halo) terus menjadi pro-kontra di Formula 1. Terkini, juara IndyCar Josef Newgarden menentang rencana pemakaian Halo di gelaran F1 musim depan.

Menurutnya, Halo bukan cara tepat melindungi kokpit mobil bertipe open-wheel seperti F1. Pernyataan tersebut dilontarkan Newgarden saat menyaksikan Grand Prix Amerika Serikat di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas. 

"Saya pikir dunia balap selalu mengedepankan semangat balap open-wheel untuk selalu memperbaiki unsur keselamatan. Itu selalu menjadi tujuan utama. Kita jauh lebih aman saat ini dibandingkan 100 tahun silam dan selalu lebih baik setiap tahunnya," ujarnya dikutip dari Motorsport.com.

Baca: Klasemen Pembalap Usai GP Amerika Serikat


"Saya pikir mencari solusi pelindung area sekeliling kepala merupakan sesuatu harus dilakukan. Tetapi saya tidak yakin Halo adalah jawaban yang tepat," sambungnya.

Sebagian kalangan termasuk pembalap memang masih menentang penggunaan Halo. Pasalnya, sistem keamanan yang berdesain besi batang melengkung itu dianggap menghalangi pandangan.

"Jika Anda menanyakan pembalap, mayoritas akan berkata tidak menginginkannya. Ini karena para pembalap tersebut mencintai balap open-wheel yang identik kokpit terbuka. Bukan itu defisininya, tetapi itulah anggapan banyak orang," tutup Newgarden.

Video: Mercedes Juara Dunia Konstruktor 2017
 


(REN)