F1 Abu Dhabi

Bos Tim Red Bull Puji Strategi Balap Hamilton

Ahmad Garuda    •    28 November 2016 11:53 WIB
f1 abu dhabi
Bos Tim Red Bull Puji Strategi Balap Hamilton
Christian Horner dukung strategi yang dilakukan Lewis Hamilton di F1 Abu Dhabi. XPB Images

Metrotvnews.com, Abu Dhabi: Tim Mercedes GP terlihat gugup saat Lewis Hamilton pakai strategi melambat di Formula One (F1) Abu Dhabi (27/11/2016). Tapi trik ini justru didukung penuh prinsipal tim Red Bull Racing yaitu Christian Horner yang malah memujinya. Menurutnya, Hamilton wajar melakukan segala hal yang mungkin membawanya meraih titel juara dunia.

"Meraih kemenangan di F1 Abu Dhabi, takkan mengubah banyak fakta dan posisinya di klasemen akhir musim. Harus ada pembalap lain yang berada di antara Ia dan Nico Rosberg. MInimal dua pembalap. Tapi Ia akhirnya memenangi balapan itu tanpa ada pergerakan pembalap di belakangnya. Trik ini tidak salah kok! Ia bahkan tidak melanggar aturan apapun di balapan ini," klaim Horner.

Sebelumnya Ia dinilai oleh tim Mercedes GP, melakukan kesalahan dengan melambat. Sehingga tim menyuruhnya untuk melesat secepat mungkin agar bisa meraih garis finish. Perintah timnya ini membuat Hamilton lantas kesal, karena mereka ingkar janji bakal membiarkan kedua pembalapnya pakai strategi apa pun selama tak melanggar aturan.

"Ya bagi saya, antara Hamilton dan Rosberg, mereka berdua sedang bertarung meraih titel juara dunia. Saat melakukan trik seperti itu, ya harusnya jangan dianggap sebagai hal yang negatif. Hamilton tak wajar menerima kritikan seperti itu, karena tak ada aturan yang Ia langgar. Padahal alangkah menariknya, jika kita membiarkan kedua pembalap itu pakai strategi masing-masing untuk meraih kemenangan."

Pernyataan Horner terlontar mengingat beberapa pihak mengkritik strategi itu. Padahal jika tak melanggar regulasi, maka seharusnya itu tak jadi masalah.


(UDA)