Teknis Formula 1

Symonds Pesimis Target 5 Detik Lebih Cepat Tercapai di F1 2017

Ahmad Garuda    •    21 November 2016 12:44 WIB
teknologi f1
Symonds Pesimis Target 5 Detik Lebih Cepat Tercapai di F1 2017
Pirelli melakukan tes ban 2017 yang lebih lebar. Mercedes GP

Metrotvnews.com, Inggris: Regulasi balap Formula One (F1) akan menjalani perubahan besar tahun depan. Yaitu bodi mobil akan lebih lebar, sayap lebih lebar dan ban juga lebih lebar. Sehingga penyelenggara balap F1 menegaskan bisa mereduksi lap time lima detik per lap.

Tapi bagi direktur teknis tim Williams F1, Pat Symonds, Ia tak yakin target tersebut bisa terpenuhi. Mengingat tidak semua sirkuit yang digunakan di ajang balap F1, butuh tingkat downforce (daya tekan ke bawah) yang besar.

"Biasanya mobil akan butuh downforce besar, jika banyak terdapat tikungan cepat. Misalnya seperti Sirkuit Catalunya, Barcelona-Spanyol. Itu pun saya belum yakin jika bisa sampai sebesar itu memotong lap tercepatnya. Apalagi untuk mereduksi lap tercepat di sirkuit seperti Monza, rasanya takkan tercapai. Sirkuit ini hanya membutuhkan level downforce yang tidak terlalu besar. Karena didominiasi trek lurus,"  klaim Symonds.

Pria baya itu juga menegaskan bahwa level downforce mobil F1 2017, kurang lebih akan sama dengan level downforce di tahun-tahun 2004-2006. Tapi itu pun masih prediksi kasar saja. Belum bisa dibuktikan, karena memang belum ada pembuktian secara nyata.

Symonds memperkirakan, dengan besaran downforce yang ada tahun depan. Kemungkinan kecepatan menikung yang awalnya 200 km per jam, bakal bertambah sekitar 30 km - 35 km per jam. Pastinya gaya gravitasi juga akan bertambah. Sehingga kemungkinan pembalap butuh fisik yang benar-benar oke untuk mengendalikan mobil ini dari awal hingga ke masuk ke garis finis.


(UDA)