F1 2017

Data & Fakta Kemenangan Vettel di GP Bahrain

Rendy Renuki H    •    17 April 2017 09:12 WIB
f1 2017
Data & Fakta Kemenangan Vettel di GP Bahrain
Sebastian Vettel (AFP PHOTO / ANDREJ ISAKOVIC)

Metrotvnews.com, Sakhir: Sebastian Vettel berhasil meraih juara pada seri ketiga Formula 1 (F1) di GP Bahrain, Minggu 16 April. Pembalap Ferrari itu menjadi yang tercepat mengalahkan dua rival dari tim Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas di Sirkuit Sakhir.

Vettel yang memulai start dari posisi ketiga mencatatkan waktu 1 jam 33 menit 53.373 detik. Disusul Hamilton di posisi kedua yang terpaut 6.660 detik dan Bottas di posisi ketiga terpaut 20.397 detik.

Kemenangan di Bahrain ini pun menjadi hasil positif kedua Vettel dari tiga seri awal F1. Pembalap asal Jerman ini sebelumnya mampu memenangi seri pembuka di GP Australia, 26 Maret lalu.

(Baca: Klasemen Pembalap F1 usai GP Bahrain)

Berikut beberapa data dan fakta usai kemenangan Vettel di GP Bahrain:

- Sebastian Vettel telah dua kali memenangi balapan dari tiga seri awal F1 musim ini. Pencapaian itu merupakan kali pertama lagi bagi Vettel setelah terakhir diraihnya pada 2011 lalu.

- Vettel membuat Scuderia Ferrari kembali berjaya di awal musim. Terakhir kali Ferrari mampu memenangi dua dari tiga seri awal F1 yakni pada 2008 yang diraih Felipe Massa.

- Kemenangan kedua Vettel dari tiga seri awal membuatnya kini mampu mengungguli dua pembalap Mercedes di klasemen. Vettel unggul tujuh poin dari Lewis Hamilton dan 30 poin dari Valtteri Bottas.

- Podium pertama di GP Bahrain membuat Vettel kini tercatat telah mengoleksi 44 kemenangan sepanjang kariernya dari 181 balapan. Podium di Bahrain itu pun menjadi podium ke-89 dalam karier balap Vettel sejauh ini.

- Perolehan poin konstruktor Ferrari meningkat tajam dari musim lalu usai Vettel kembali menang. Ferrari kini unggul tiga poin di posisi pertama dari Mercedes. Berbanding jauh dari musim lalu, di mana Ferrari tertinggal 53 poin dibelakang Mercedes dari tiga seri awal.

Video: Cavs Menang 109-108 Atas Pacers
 


(REN)