Jelang F1 GP Jepang

Girboks Masih Berfungsi, Vettel Terhindar dari Penalti di GP Jepang

Achmad Firdaus    •    05 Oktober 2017 00:38 WIB
ferrarif1 2017
Girboks Masih Berfungsi, Vettel Terhindar dari Penalti di GP Jepang
Momen saat Vettel menumpang mobil Pascal Wehrlein untuk kembali ke Paddock karena mobilnya mengalami kerusakan parah usai mengalami benturan dengan Lance Stroll usai GP Malaysia (Foto: AFP PHOTO / ROSLAN RAHMAN)

Metrotvnews.com, Suzuka: Sebastian Vettel mendapat kabar gembira jelang Seri ke-16 Formula 1 di Jepang, akhir pekan ini. Kubu Ferrari mengonfirmasi bahwa girboks pembalap asal Jerman itu masih bisa digunakan.

Sebelumnya, girboks pada mobil Vettel dikabarkan mengalami kerusakan parah usai benturan yang terjadi dengan pembalap Williams, Lance Stroll saat cooldown lap usai GP Malaysia, akhir pekan kemarin. Ia bahkan harus menumpang mobil pembalap Sauber, Pascal Wehrlein untuk sampai ke paddock lantaran mobilnya tidak bisa lagi berjalan karena ban belakangnya copot.

Hukuman penalti pun membayangi Vettel jika ia harus mengganti dan menggunakan girboks baru pada GP Jepang. Juara dunia empat kali itu harus turun lima grid atau posisi lantaran ia belum mencapai batas minimal enam balapan untuk melakukan pergantian girboks.
 

Baca: Hamilton Bidik Kemenangan di GP Jepang


Kubu Ferrari sempat melakukan pembelaan dan meminta FIA tidak menjerat Vettel dengan regulasi di atas. Ferrari beralasan, insiden benturan dengan Stroll terjadi usai balapan. Namun, permintaan tim asal Italia itu ditolak mentah-mentah FIA.

Ferrari pun langsung melakukan analisa mendalam di markasnya, Maranello, untuk mengecek kondisi girboks Vettel. Hasilnya cukup menggembirakan. Girboks Vettel tidak mengalami kerusakan parah seperti yang diperkirakan dan masih bisa digunakan pada balapan di Sirkuit Suzuka, Jepang.



Meski demikian, Ferrari belum bisa memastikan apakah girboks tersebut masih bisa bekerja dengan baik saat digunakan pada balapan. Rencananya, mereka akan menguji kinerja girboks tersebut pada sesi Free Practice yang berdurasi selama satu jam, sebelum membuat keputusan final.
 

Baca juga: Vettel Mengomentari Isu Verstappen Gabung Ferrari


Ferrari tidak ingin gegabah mengambil keputusan lantaran saat ini Vettel masih punya peluang untuk keluar sebagai juara dunia di akhir musim. Mereka ingin memastikan bahwa girboks tersebut masih bisa diandalkan Vettel dalam upayanya mengikis poin dengan Lewis Hamilton di puncak klasemen.

Memasuki lima seri terakhir di F1 2017, Vettel diketahui masih duduk di posisi dua klasemen sementara pembalap dengan koleksi 247 poin, atau terpaut 34 poin dari pembalap Mercedes yang tengah membidik gelar juara dunia keempatnya. (Crash)

Video: ?Timnas U-19 Menang 2-0 atas Kamboja



(ACF)