Karier Felipe Massa dalam Angka

Achmad Firdaus    •    01 September 2016 23:54 WIB
f1 2016
Karier Felipe Massa dalam Angka
Felipe Massa saat membela Williams (Foto: Google Image)

Metrotvnews.com, Monza: Kendati belum sekalipun merebut gelar juara dunia, namun karier Felipe Massa di ajang Formula 1 tidak bisa dianggap sebelah mata.

Dalam 14 tahun kariernya di F1, Massa kerap meramaikan persaingan juara. Puncak kariernya terjadi ketika ia delapan musim membela Ferrari, di mana ia nyaris jadi juara dunia. Saat itu, Massa hanya terpaut satu poin dari Lewis Hamilton di klasemen akhir pembalap musim 2008.

Di luar catatan di atas, ada sejumlah catatan menarik yang mengiringi karier pembalap 35 tahun yang baru saja memutuskan bakal pensiun pada akhir musim ini.

Berikut, Metrotvnews.com sudah merangkum sejumlah angka yang menggambarkan karier Felipe Massa di kancah F1:


(Felipe Massa saat membalap untuk Sauber. Foto: Motorsport.com)

22 - Usia Massa ketika melakoni balapan pertamanya di F1. Ia melakukan hal itu bersama tim Sauber di GP Australia pada 2002.

41 - Jumlah podium yang sukses diraih Massa. Jumlah itu juga menempatkan Massa di posisi 21 dalam daftar pembalap dengan jumlah podium terbanyak di F1.

11 - Jumlah seri yang sukses dimenangi Massa. Dia berada di urutan ke-27 dalam daftar pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak.

242 - Massa sudah 242 kali tampil di ajang F1. Jumlah itu menempatkannya di urutan sembilan dalam sejarah F1. Hanya ada tiga pembalap (yang masih aktif) yang memiliki jumlah start lebih banyak dari Massa. Mereka adalah Jenson Button, Fernando Alonso dan Kimi Raikkonen.

16 - Jumlah pole position yang berhasil diamankan Massa. Itu membuatnya menyamai rekor Stirling Moss dan mantan rekan setimnya, Kimi Raikkonen.

4 - Massa tercatat empat kali melakukan hattrick dalam urusan meraih pole position, memenangi balapan, dan mencetak lap tercepat. Jumlah tersebut membuatnya mengungguli Nico Rosberg, Kimi Raikkonen dan Jenson Button.


(Selebrasi Felipe Massa usai memenangi balapan. Foto: Formula1)

11 - Selama delapan musim membela Ferrari, Massa sukses menghadirkan 11 kemenangan untuk Tim Kuda Jingkrak. Pencapaian itu membuatnya jadi pembalap Ferrari keempat yang sukses memenangi seri, sama dengan jumlah kemenangan yang dihadirkan Fernando Alonso. Massa hanya kalah dari Michael Schumacher (72 kemenangan), Niki Lauda (15), dan Alberto Ascari (13).

15 - Massa dikenal pembalap yang nekat. Itu dibuktikan dengan kesuksesannya mencatatkan lap tercepat sebanyak 15 kali dalam kariernya. Jumlah itu menyamai rekor legenda F1, Sir Jackie Stewart.

2 - Prestasi terbaik yang berhasil ditorehkan Massa di F1. Posisi runner-up itu diraih secara dramatis lantaran Massa hanya terpaut satu poin dari Lewis Hamilton yang jadi juara dunia 2008.

36 - Meski tidak pernah meraih gelar juara, Massa cukup sering berdiri di podium. Selama memperkuat Ferrari, Massa sudah 36 kali naik podium. Jumlah itu hanya kalah dari Michael Schumacher, Rubens Barrichello, dan Fernando Alonso.

15 - Jumlah pole position yang diraih Massa untuk Ferrari. Ia berada di belakang Michael Schumacher dan Niki Lauda.

3 - Jumlah tim yang diperkuat Massa di F1. Di antaranya adalah Sauber, Ferrari dan Williams.

1 - Massa merupakan salah satu dari enam pembalap asal Brasil yang sukses memenangi balapan F1. Lima pembalap Brasil lainnya antara lain; Ayrton Senna, Nelson Piquet, Emerson Fittipaldi, Rubens Barichello dan Carlos Pace.

35 - Usia Massa saat memutuskan pensiun dari F1. Ia akan melakoni balapan terakhirnya pada Grand Prix Abu Dhabi, 27 November 2016. (Formula1)


(ACF)

Kondisi Atlet Hoki DKI yang Alami Luka Kepala Membaik

Kondisi Atlet Hoki DKI yang Alami Luka Kepala Membaik

2 hours Ago

Kondisi atlet hoki DKI Jakarta Dadan Mochammad Ramdhani yang mengalami luka di bagian kepala te…

BERITA LAINNYA