Jelang GP Inggris

5 Fakta Menarik Sirkuit Silverstone

   •    11 Juli 2017 19:10 WIB
f1 2017
5 Fakta Menarik Sirkuit Silverstone
Momen balapan GP Silverstone, Inggris (Foto: http://news.images.itv.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seri ke-10 Formula 1 2017 akan digelar di Inggris, akhir pekan ini. Sirkuit Silverstone akan jadi arena pertempuran para pembalap untuk merebut podium utama.

GP Inggris akan jadi momentum buat pembalap tuan rumah, Lewis Hamilton untuk kembali masuk dalam persaingan juara. Saat ini, pembalap Mercedes tersebut menghuni posisi dua klasemen sementara pembalap dengan selisih 20 poin dari Sebastian Vettel di puncak klasemen.

Hasil kurang maksimal pada dua seri sebelumnya (finis ke-5 di Azerbaijan dan 4 di Austria) harus dibayar Hamilton dengan penampilan cemerlang di Silverstone. Balapan ini juga sekaligus jadi pertaruhan Hamilton sebagai penguasa Silverstone di mana ia sukses menjadi pemenang pada tiga edisi terakhir.

Sirkuit Silverstone dikenal sebagai salah satu sirkuit tertua dan terpanjang dalam sejarah kompetisi F1. Sirkuit sepanjang 5,891 km dengan 18 tikungan ini sudah jadi tuan rumah balap mobil internasional pada 1948. Yang menarik, sirkuit ini pernah digunakan sebagai pangkalan udara  Inggris saat Perang Dunia II.
 

Baca: Ferrari tak Tertarik Bawa Pulang Alonso


Untuk mengetahui lebih jauh fakta menarik lain terkait Sirkuit Silverstone, berikut Metrotvnews.com telah merangkumnya:

1. Salah Satu Trek Tertua
Silverstone sudah ada sejak sebelum Perang Dunia II. Trek tersebut pertama kali menjadi tuan rumah Grand Prix Inggris yakni 67 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1948. 

Tuan Rumah Grand Prix Inggris sempat beberapa kali berganti selama sejarah Formula One berlangsung. Mulai dari Silverstone, lalu Aintree, di Liverpool, dan Brands Hatch yang berada di wilayah Kent.

Brands Hatch menjadi tuan rumah Grand Prix sebanyak 12 kali dan masih menyelenggarakan banyak event balap internasional sampai saat ini. Silverstone baru menjadi tuan rumah permanen Grand Prix Inggris sejak 1987.

2. Sirkuit Terpanjang Kedua di F1
Silverstone memiliki panjang lintasan mencapai 3,66 mil atau setara dengan 5,9 km. Satu-satunya jalur balap yang lebih panjang dari Silverstone adalah Sirkuit Spa-Francorchamps (GP Belgia) yang akan digelar Agustus nanti.

3. Pernah Jadi Pangkalan Udara Inggris

Sempat menjadi pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Inggris selama masa perang yang disebut RAF Silverstone. Sirkuit ini terletak di antara kota Northamptionshire dan Buckinghamshire. Sirkuit ini masih kental dengan desain ala angkatan udara, meskipun banyak di renovasi setelah Perang Dunia usai.
 

Baca juga: Presiden Ferrari Pasrah soal Perpanjangan Kontrak Vettel


4. Direnovasi Demi Tingkatkan Keselamatan
Silverstone sangat digemari pembalap yang suka melakukan overtake. Namun setelah beberapa kecelakaan fatal di awal tahun 1990, salah satunya yang menimpa Ayrton Senna dan Roland Ratzenberger.

Pejabat F1 sepakat untuk merenovasi ulang beberapa tikungan dengan maksud meningkatkan keamanan saat pembalap melakukan overtake.

Beberapa tikungan tajam diubah layaknya batu permata, terutama Abbey (salah satu tikungan Silverstone) yang dimodifikasi menjadi Chicane yakni tikungan ganda untuk membuatnya tidak terlalu bahaya.

5. Memiliki Tiga Tikungan Berbahaya

Tidak ada sirkuit yang tidak menantang di balapan F1. Silverstone sendiri memiliki tiga tikungan cepat yang cukup berbahaya, yakni Maggots, Becketts dan Chapel. Rangkaian tikungan ini akan dihadapi pembalap secara beruntun dan harus dieksekusi dengan minimal kecepatan 130 mil per jam. 

Pembalap tuan rumah sekaligus pemenang di tiga edisi terakhir GP Inggris Lewis Hamilton mengakui, efek g-force pada pembalap saat melewati Maggots setelah melewati Becketts, tidak ada bandingannya dengan tikungan sirkuit lain. (Ardhika Dwi Kurniaputra/Sportskeeda)

Video: Bottas Lolos Hukuman FIA



(ACF)