Tes Pramusim F1GP di Spanyol

Ferrari tak Tertandingi pada Hari Terakhir

Kautsar Halim    •    10 Maret 2018 02:02 WIB
F1 2018
Ferrari tak Tertandingi pada Hari Terakhir
Kimi Raikkonen sedang mengendarai jet darat Ferrari. (AFP PHOTO / LLUIS GENE)

Barcelona: Drama sempat terjadi pada menit-menit akhir tes pramusim hari keempat F1GP di Spanyol. Ferrari tetap menjadi yang tercepat, meskipun McLaren dan Renault susah payah mengejar hingga bahan bakar hampir habis.

Kimi Raikkonen yang mengendarai Ferrari berhasil mencatatkan waktu terbaik 1 menit 17.221 detik. Torehan yang membuat dirinya menjadi pembalap tercepat itu didapat sambil mengitari Sirkuit Catalunya sebanyak 157 putaran.

Mclaren yang diwakili Fernando Alonso dan Carlos Sainz yang membela  Renault mampu bersaing sengit. Namun hingga bahan bakar keduanya habis, tetap saja gagal melampaui Raikkonen. Alonso dan Sainz harus puas berada di tiga besar dengan selisih waktu kurang dari sedetik dengan Raikkonen.


Klik: Langkah Jonatan Christie Terhenti di Perempat Final


Kendati demikian, hasil ini sudah cukup baik bagi Alonso. Pasalnya, mobilnya sempat menepi ketika sesi uji coba berlangsung sekitar sejam. Menurut keterangan Eric Boullier selaku racing director Mclaren, itu terjadi karena turbo di mesin mobil Alonso bermasalah.

Daniel Ricciardo dari tim Red Bull memang hanya hanya bertengger di urutan keempat. Namun, ia mampu tampil konsisten selama 91 putaran bersama mobilnya, RB14. Pemilihan ban supersofts saat itu bisa dibilang tepat bagi Ricciardo.


Klik: Praveen/Melati Gugur, Ganda Campuran Indonesia Habis


Tim Mercedes yang diwakili Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton memang gagal masuk dalam jajaran lima besar pembalap tercepat. Tapi jika ditotal, keduanya bisa menaklukkan Sirkuit Catalunya sebanyak 201 putaran. Itu adalah jumlah terbanyak ketimbang pencapaian tim lainnya.

Seiring berakhirnya sesi uji coba hari keempat, artinya selesai sudah tes pramusim F1GP Spanyol. Selanjutnya, semua tim akan kembali ke markasnya dan mengevaluasi hasil tes agar mampu tampil lebih baik pada seri pertama di Australia, Minggu 25 Maret mendatang.

Berikut hasil lengkap tes pramusim F1GP hari keempat di Spanyol:





 


(ACF)