Posisi Start Vettel Dipertanyakan Bos Red Bull

Hilman Haris    •    10 April 2017 18:19 WIB
regulasi f1
Posisi Start Vettel Dipertanyakan Bos Red Bull
Start balapan F1 GP Tiongkok Minggu 9 April

Metrotvnews.com, Shanghai: Bos Red Bull, Christian Horner, merasa ada yang aneh dengan posisi start pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, saat balapan F1 GP Tiongkok Minggu 9 April. Ketika itu, Vettel yang start dari posisi kedua memang tidak memarkir mobil tepat di dalam kotak grid. 

Dengan alasan menghindari tumpahan bahan bakar aspal yang masih basah di sisi kanan trek sebelum tikungan 1, Vettel akhirnya menempatkan mobilnya di garis grid start sebelah kiri. 

"Seingat saya, masalah ini sudah pernah didiskusikan. Sangat jelas Vettel mencoba mendapatkan jalur yang kering," kata Horner.

Toh, Vettel tidak mendapat keuntungan dari putusan itu. Ia tetap tidak mampu menempati urutan pertama karena melakukan start buruk. 

"Pertanyaannya, apakah pembalap harus start dari dalam kotak grid atau cukup menyentuh garis saja? Memang dia (Vettel) tak mendapat keuntungan. Tapi akan lebih baik jika ada penjelasan soal grid start ini," ujar Horner.

Pengawas balapan (steward) mengklaim sudah melakukan investigasi soal start Vettel. Namun, putusan akhir adalah tidak memberikan hukuman kepada pembalap asal Jerman tersebut.

Kejadian seperti ini sebetulnya pernah terjadi. Tepatnya saat pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo, melakukannya di GP Jepang 2016. Namun belum ada kejelasan soal isu tersebut hingga saat ini. (ESPN)

 


(HIL)