GP F1 Meksiko 2017

Bos Mercedes Kritik Keras Manuver Vettel

Rendy Renuki H    •    30 Oktober 2017 10:56 WIB
f1 2017
Bos Mercedes Kritik Keras Manuver Vettel
Insiden benturan antara Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel di GP F1 Meksiko, Senin 30 Oktober dini hari WIB (AFP PHOTO / YURI CORTEZ)

Metrotvnews.com, Meksiko City: Bos tim Merdeces Niki Lauda mengkritik keras manuver yang dilakukan Sebastian Vettel di Grand Prix Formula 1 Meksiko, Senin 30 Oktober. Manuver agresif pembalap Ferrari itu berbuah senggolan yang mengenai mobil Lewis Hamilton.

Vettel yang memulai balap dari posisi pertama mendapat tekanan berat dari Hamilton dan Max Verstappen. Vettel bahkan mampu disalip Verstappen pada tikungan pertama yang menggeber mobil Red Bull-nya.

Ia pun kian kehilangan momentum setelah Hamilton menyalipnya dari sisi luar. Berusaha mengejar, Vettel justru melakukan manuver yang membuat bemper kanan depan mobilnya menyenggol ban kiri belakang Hamilton.

Baca: Gagal Naik Podium, Hamilton Kunci Gelar Juara Dunia


"Yang tidak saya mengerti adalah manuver agresif yang dilakukan Vettel di tikungan pertama. Ia membentur keras Lewis. Kemudian drama dimulai (laju mobil Hamilton melambat)," ucap Lauda dilansir Motorsport.com.

Senggolan antara kedua rival tersebut memang membuat Vettel dan Hamilton langsung masuk pit di akhir lap pertama. Situasi itu yang kemudian membuat posisi keduanya sempat tercecer jauh dari urutan terdepan.

Lauda juga turut mengomentari keberhasilan Hamilton meraih juara dunia. Ia tetap senang dengan pencapaian pembalapnya meski meraih gelar juara dunia dengan cara yang tida biasa, yakni finis urutan kesembilan.

"Tidak biasa? Ketika Anda juara dunia, Anda tetap seorang juara dunia. Tidak ada yang peduli bagaimana caranya," tutup Lauda. 

GP F1 Meksiko sendiri dimenangkan oleh Verstappen yang finis di urutan terdepan. Sementara posisi kedua ditempati oleh Valtteri Bottas yang disuluh Kimi Raikkonen yang berhasil menaiki podium ketiga.

Video: Dovizioso Tunda Pesta Juara Marquez
 


(REN)