Drama GP Meksiko

Meminta Maaf, Sebastian Vettel Lolos dari Sanksi

A. Firdaus    •    02 November 2016 14:58 WIB
f1 2016
Meminta Maaf, Sebastian Vettel Lolos dari Sanksi
Sebastian Vettel (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Paris: Drama Formula 1 (F1) yang terjadi di sirkuit Mexico City, akhir pekan lalu terus menjadi bahan perbincangan publik. Insiden tersebut melibatkan pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dengan duo Red Bull (Max Verstappen dan Daniel Ricciardo).

Atas insiden itu, Federasi Automobil Internasional (FIA) sempat memberi sanksi kepada pembalap Jerman tersebut, yang semula finis di posisi ketiga, harus melorot ke posisi lima.

Baca juga: Vettel Berang, Verstappen jadi Biang Kesalahannya di F1 Meksiko

Selain aksi defensif ilegalnya pada lap penutup, Vettel juga mengeluarkan kata-kata kasarnya setelah balapan. Beberapa poin tersebut membuat FIA menyelediki kasus tersebut. Namun kabar terbaru, FIA takkan menindak lanjuti dari aksi indispliner Vettel lebih jauh. Sebab mantan pembalap Red Bull tersebut sudah mempunyai itikad baik dengan mengirimkan surat kepada Presiden FIA, Jean Todt untuk meminta maaf.

"Dia juga menunjukkan itikad baik bahwa ia akan juga menghubungi pembalap Red Bull, Max Verstappen dan bersumpah bahwa insiden seperti itu tidak akan pernah terjadi lagi," ujar Charlie Whiting, bagian keselamatan Race Director

Baca juga: Konflik Vettel VS Red Bull, Pompa Pamor F1

Meskipun begitu, Whiting yang juga kepala teknis FIA tetap memantau perilaku Vettel dan juga para pembalap F1 lainnya. Ia megecam keras bagi siapa saja yang mengeluarkan kata-kata kasar ke publik.

"FIA akan selalu mengutuk penggunaan bahasa yang kasar di F1, terutama kata-kata itu diarahkan pada ofisial dan sesama pembalap. Hal ini  diharapkan agar semua pembalap dalam lomba untuk menghormati dan memberikan contoh yang baik untuk masyarakat dan generasi muda pada khususnya," terangnya.

Video Sebastian Vettel Kena Sanksi
 


(ACF)